PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 01 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2016/2017

NURUROHMAH, 2814133220 (2017) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 01 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017 ini ditulis oleh Nururohmah, NIM. 2814133220, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi, Prestasi Belajar Pengembangan kecerdasan hingga tingkat kompetensi yang memadahi merupakan kunci utama teori multiple intelligensi. Teori ini mengungkapkan bahwa manusia memiliki berbagai macam kecerdasan. Salah satunya adalah kecerdasan logis matematis. Kecerdasan logis matematis berkaitan dengan kemampuan manusai mengolah angka, berfikir logis, dan memecahkan masalah. Sedangkan motivasi merupakan pendorong seseorang untuk bertindak memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini, ada kaitan antara kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 01 Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Adakah pengaruh motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian adalah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak karena masing-masing kelas dianggap homogen. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada data kecerdasan logis matematis terhadap Prestasi belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,004 < 0,05. Hal ini menunjukkan ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap Prestasi belajar matematika siswa. Untuk data motivasi Prestasi belajar diperoleh nilai Sig. 0,007 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa. Sedangkan untuk data pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,016 < 0,05. Hai ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap Prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133220 Nururohmah
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:34
Last Modified: 11 Jul 2017 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5389

Actions (login required)

View Item View Item