PENGARUH KECERDASAN SPASIAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI MTSN TUNGGANGRI

PUTRI AYU SAFITRI, 2814133149 (2017) PENGARUH KECERDASAN SPASIAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI MTSN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Skripsi dengan judul“Pengaruh Kecerdasan Spasial Berdasarkan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Garis dan Sudut di MTsN Tunggangri” ini ditulis oleh Putri Ayu Safitri, NIM. 2814133149, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan tadris Matematika, pembimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Spasial, Gaya Belajar, Hasil Belajar Dalam pembelajaran selama ini guru kurang memperhatikan keberagaman kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Padahal kecerdasan-kecerdasan tersebut perlu digali dan dikembangkan. Salah satu kecerdasan yang dimaksud yaitu kecerdasan spasial. Kecerdasan ini kurang mendapat perhatian dilingkungan pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika. Selain itu, guru perlu memahami gaya belajar siswa agar strategi mengajar guru sesuai dengan karakter siswa sehingga siswa dapat belajar dengan tepat. Kedua hal ini dapat membantu mengoptimalkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri? (2) Apakah ada pengaruh tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar audio terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri? (3) Apakah ada pengaruh tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri?. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar visual, audio, dan kinestetikterhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitaif dengan jumlah populasi sebanyak 399 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan total sampel 200 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada tingkat kecerdasan spasial berdasarakan gaya belajar (visual, audio, dan kinestetik) terhadap hasil belajar siswa masing-masing diperoleh nilai Sig. 0,00 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Kemudian pada uji Post Hoc menunjukan bahwa semua tingkatan yaitu tinggi, sedang, dan rendah berpengaruh secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar visualterhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri. (2) Ada pengaruh yang signifikan tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar audioterhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri. (3) Ada pengaruh yang signifikan tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar kinestetikterhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di MTsN Tunggangri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133149 PUTRI AYU SAFITRI
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:32
Last Modified: 11 Jul 2017 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item