NADHIFATU ZAHROIN, 2811133189 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN AKHLAQUL KARIMAH SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (450kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Akhlaqul Karimah Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung Tahun” ini ditulis oleh Nadhifatu Zahroin, NIM.2811133189, pembimbing Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlaqul Karimah, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta bahwa saat ini mayoritas sekolah hanya bersaing dari segi akademik saja dan banyak sekolah yang lebih mengesampingkan pendidikan peserta didik dari segi akhlak. Padahal akhlak merupakan sebuah fondasi penting dalam membangun generasi bangsa yang baik. Dalam membangun generasi bangsa yang berakhlaq baik ini tentunya tidak lepas dari upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah terutama para guru Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini peneliti membahas upaya guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung? (2) Bagaimana pendekatan guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung, untuk mendiskripsikan pendekatan guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung, untuk mendiskripsikan evaluasi guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMAN 1 Kauman Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu sekolah, bagi para guru PAI SMAN 1 Kauman Tulungagung sebagai bahan kajian untuk lebih meningkatan upaya pembinaan akhlak peserta didik agar lebih baik lagi. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru akidah akhlak dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog seara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam upaya guru PAI dalam membangun akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan ini menggunakan perencanaan yakni dengan ikut serta dalam pengadaan kegiatan keagamaan, dan Ikut serta dalam penyusunan jadwal dan tata tertib setiap kegiatan keagamaan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan secara personal dan pendekatan secara kelompok. Kemudian evaluasi yang dilakukan yakni evaluasi dengan melihat langsung akhlak siswa sehari-hari, mendata kehadiran siswa saat kegiatan keagamaan berlangsung dan memberikan nilai terhadap akhlak siswa di kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133189 NADHIFATU ZAHROIN |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 07:08 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5395 |
Actions (login required)
View Item |