PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SDI BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG

LALA IRMA INDAH, 126205203216 (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SDI BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menyimak peserta didik kelas 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan penerapan strategi pembelajaran team quiz dalam proses pembelajaran. Penerapan strategi ini, diharapkan mampu melatih kemampuan menyimak peserta didik kelas 2 di SDI Bayanul Azhar Tulungagung, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Perencanaan Strategi Pembelajaran Team Quiz Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Melatih Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas 2 di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Implementasi Strategi Pembelajaran Team Quiz Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Melatih Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas 2 di SDI Bayanul Azhar Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Evaluasi Dari Implementasi Strategi Pembelajaran Team Quiz Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Melatih Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas 2 di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitan deskripstif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode). Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan menyimak peserta didik menjadi lebih maksimal dengan diterapkannya strategi pembelajaran team quiz. Penelitian ini menghasilkan 3 poin penting sebagai berikut: (1) Perencanaan strategi pembelajaran team quiz sebagai berikut: Pertama, merumuskan tujuan pembelajaran. Kedua, mengidentifikasi karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan. Ketiga, menentukan materi dan bahan ajar. Keempat, menentukan strategi pembelajaran yang sesuai. (2) Kegiatan implementasi strategi pembelajaran diawali dengan tahap pembuka, tahap inti, dan tahap penutup. Pada Tahap Pembuka, guru mengawali dengan salam. Dilanjutkan dengan do‘a, melaksanakan pembiasaan, guru memeriksa daftar hadir, apersepsi, dan penyampaian tujuan pembelajaran. Tahap Inti meliputi kegiatan implementasi strategi pembelajaran team quiz dengan langkah-langkah sebagai berikut: memilih topik yang dapat disampaikan dalam tiga bagian, membagi peserta didik menjadi tiga tim, menyampaikan format penyampaian pelajaran, menyampaikan materi yang pertama, menyiapkan pertanyaan, mengajukan pertanyaan kepada tim lain, penyampaian materi yang kedua, penyampaian materi yang ketiga, menyimpulkan hasil tanya jawab, mengadakan evaluasi. Pada Tahap Penutup, guru memberikan penegasan ulang tentang materi yang telah dipelajari. Selanjutnya, guru bersama siswa membuat kesimpulan dan dilanjutkan berdo‘a bersama untuk mengakhiri pembelajaran. (3) Kegiatan evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan adanya evaluasi, guru dapat mengetahui tingkat pencapaian keberhasilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203216 LALA IRMA INDAH
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:55
Last Modified: 10 Oct 2024 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53976

Actions (login required)

View Item View Item