BAHTSUL MASAIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH FIQIH IBADAH SANTRI (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung)

NOORZEHA RIZQI APRI PUTRA, 1880506220029 (2024) BAHTSUL MASAIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH FIQIH IBADAH SANTRI (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Bahtsul Masail Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Memecahkan Masalah Santri (Study Multisitus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung)” yang ditulis oleh Noorzeha Rizqi Apri Putra, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Bahtsul masail, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Penelitian ini dilatar belakangi tentang bahtsul masail yang terjadi di pondok pesantren dan keikutsertaan para santri. Peneliti melihat di lapangan banyak terjadi alumni santri yang aktif mengikuti bahtsul masail memiliki kemampuan dalam berpikir kritis serta memecahkan masalah yang terjadi dalam persoalan masyarakat. Dari hal ini memiliki sisi kemenarikan akan pentingnya bahtsul masail yang memiliki fungsi sebagai forum diskusi yang berfungsi memecahkan segenap permasalahan yang ada dimasyarakat. Rumusam masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses dan tahapan pelaksanaan bahtsul masail dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah santri di pondok pesantren PPHM ngunut dan Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana strategi dan metode bhtsul masail dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah santri di pondok pesantren PPHM ngunut dan Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana Implikasi bahtsul masail bagi santri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah santri di pondok pesantren PPHM ngunut dan Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam tesis ini adalah penelitian kualitatif, dengan pengabilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses dan tahapan yang terjadi dalam bahtsul masail tersusun secara sistematis. Proses dan tahapan yang terjadi antara lain : a) Muqoddimah, b) Moderator memimpin diskusi, c) Penyampaian jawaban, d) Perdebatan / sanggahan argumen, e) Diskusi ahli (tim perumus), dan f) Tashih oleh Mushohih. 2) Strategi yang digunakan dalam kegiatan bahtsul masail oleh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut dan Pondok Pesantren Al-Falah Trenceng Tulungagung adalah menganalisis masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, pengujian hipotesis dan i’tirodl. Sedangkan metode yang digunakan ada 3 yaitu : Metode Qouly, Ilhaqy, Manhaji, dan Talfiq. 3) Implikasi dari santri yang aktif mengikuti kegiatan bahtsul masail adalah memiliki peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis, mampu menyelesaikan masalah, peningkatan kecerdasan intelektual, peningkatan kecerdasan adversity, melestarikan tradisi Nahdlatul Ulama’, dan melatih keberanian berargumen santri.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Fiqih > Ibadah Sunnah
Fiqih > Ibadah Wajib
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220029 NOORZEHA RIZQI APRI PUTRA
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:51
Last Modified: 11 Oct 2024 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54018

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item