KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON

HALI HARIHANTI, 12201193400 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan kualitas Pembalajaran Fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulo” ini di tulis oleh Hali Harihanti, NIM 12201193400, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan, Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin paham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengombinasikan metode pembelajaran di MTs Darul Falah Bendiljati kulon? 2) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran di MTs Darul Falah Bendiljati kulon? 3) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam melakukan pengelolaan kelas pada pembelajaran di MTs Darul Falah Bendiljati kulon? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengombinasikan metode pembelajaran di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon 2) Untuk memaparkan Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon 3) Untuk memaparkan Kreativitas guru fiqih dalam melakukan pengelolaan kelas pada pembelajaran fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Sumber data yang diperoleh ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kreativitas guru fiqih dalam mengombinasikan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi. Menggabungkan dua atau lebih metode pemebelajaran dalam satu kali belajar mengajar, variasi metode pembelajaran yang digunakan antara lain metode ceramah, metode brainstorming, metode problem based learning, metode tanya jawab, metode demontrasi, metode diskusi, metode resitasi. 2) Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran adalah dengan menggunakan media berbasis IT serta menciptakan atau membuat media sendiri di sesuaikan dengan materi, kondisi siswa, waktu serta biaya yang dikeluarkan media yang digunakan adalah media visual, audio maupun audiovisual 3) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas yaitu dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, memberikan penghargaan atas usaha yang dilakukan , memberikan motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran, gaya belajar yang kreatif, humble kepada peserta didik serta menciptakan iklim yang nyaman melalui pola pembelajaran yang baik. Cara guru mengkondisikan kelas saat anak mulai jenuh yaitu dengan ice breaking serta pengaturan posisi duduk siswa dalam proses pembelajaran yang sudah tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193400 HALI HARIHANTI
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:37
Last Modified: 15 Oct 2024 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54022

Actions (login required)

View Item View Item