PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE MIND MAPPING DAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII MTsN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

YUNITA SURANI, 2814133207 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE MIND MAPPING DAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII MTsN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Mind Mapping dan Guide Note Taking (GNT) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Yunita Surani, NIM 2814133207, Pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Perbedaan, Mind Mapping, Guide Note Taking (GNT), Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam pendidikan adalah kemampuan berhitung yang merupakan fungsi otak kanan, dan kemampuan siswa untuk menangkap ide-ide pokok materi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan metode mind mapping dan metode Guide Note Taking (GNT). Kemudian, peneliti akan membandingkan hasil belajar setelah diajar dengan metode mind mapping dan Guide Note Taking (GNT) karena kedua metode tersebut sama-sama menggunakan catatan dalam penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan metode mind mapping pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Karangrejo. (2) untuk mengetahui pelaksanaan metode Guide Note Taking (GNT) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Karangrejo. (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan metode mind mapping dengan siswa yang diajarkan dengan metode Guide Note Taking (GNT) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Karangrejo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan penelitian komparasi. Pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII D dan VII E MTsN Karangrejo yang berjumlah 91 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran mind mapping dilaksanakan di kelas VII E. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dilaksanakan di kelas VII D. Data yang diperoleh dari hasil post test kedua kelas diolah dengan menggunakan teknik Mann Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan metode mind mapping dengan siswa yang diajarkan dengan metode Guide Note Taking (GNT) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2016/2017 dengan nilai Z_hitung>Z_tabel yaitu 3,054 > 1,96 dan nilai Asymp Sig (2-tailed) < 0,05 = 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar kelas VII D yaitu 77,02 dan kelas VII E yaitu 64,43 yang artinya hasil belajar dengan menggunakan metode Guide Note Taking (GNT) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode mind mapping.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133207 YUNITA SURANI
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:18
Last Modified: 11 Jul 2017 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View Item View Item