STATUS TINGKAT SUSTAINABILITY AWARENESS DALAM KONSEP EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 1 BOYOLANGU

BILQIS FATIMATUS SALSABILA, 12208183182 (2022) STATUS TINGKAT SUSTAINABILITY AWARENESS DALAM KONSEP EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Status Tingkat Sustainability Awareness Dalam Konsep Education for Sustainable Development (ESD) Terhadap Pembelajaran Biologi Kelas X di SMAN 1 Boyolangu” ditulis oleh Bilqis Fatimatus Salsabila, NIM. 12208183182, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Status, Sustainability Awareness, Pembelajaran Biologi. Status Tingkat Sustainability Awareness Dalam Konsep Education for Sustainable Development (ESD) Terhadap Pembelajaran Biologi Kelas X di SMAN 1 Boyolangu melatarbelakangi isu kurangnya kepedulian peserta didik terhadap lingkungan mengakibatkan munculnya pengaruh negatif pada lingkungan yang signifikan karena bonus demografi yang menduduki posisi mayoritas usia terbanyak dalam komposisi kependudukan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui status tingkat Sustainability Awareness dalam konsep Education for Sustainable Development (ESD) terhadap pembelajaran biologi kelas X di SMAN 1 Boyolangu. (2) Untuk mengetahui status tingkat Sustainability Awareness dalam konsep Education for Sustainable Development (ESD) terhadap pembelajaran biologi kelas X di SMAN 1 Boyolangu berdasarkan jenis kelamin. (3) Untuk mengetahui status tingkat Sustainability Awareness dalam konsep Education for Sustainable Development (ESD) terhadap pembelajaran biologi kelas X di SMAN 1 Boyolangu berdasarkan wilayah tempat tinggal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan Uji T untuk mengetahui perbedaan tingkat kesadaran berdasarkan lokasi tempat tinggal siswa dan jenis kelamin. Selain itu, menentukan mean dan persentase untk menetukan rata-rata pada kategori yang terdapat pada angket Sustainability Awareness. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung, sedangkan sempel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian diperoleh (1) Hasil persentase angket sustainability awareness adalah 71,37%. Data menunjukan bahwa sampel penelitian termasuk ke dalam kriteria “kebiasaan yang sering/selalu dilakukan/terjadi” atau “practice/feelings that are most likely done/happened”. Sedangkan pada rata-rata kategori menujukkan nilai rata-rata atau mean yaitu sebesar 0,8500 pada kategori Sustainability practice awareness dan 0,865 pada kategori Behavioral and attitude awareness dan Emotional awareness menunjukkan bahwa secara keseluruhan memiliki status “tinggi”. (2) Status tingkat Sustainability Awareness dalam konsep Education for Sustainable Development (ESD) berdasarkan jenis kelamin atau jenis kelamin , nilai rata-rata laki-laki sebesar 10,79 dan perempuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 10,65. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis kelamin atau jenis kelamin siswa sehingga H1 diterima. (3) Status tingkat Sustainability Awareness dalam konsep Education for Sustainable Development (ESD) berdasarkan wilayah tempat tinggal siswa Kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Boyolangu nilai nilai rata-rata pada wilayah urban sebesar 11,00 dan pada wilayah sub-urban diperoleh nilai rata-rata sebesar 10,66. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang berdasarkan wilayah tempat tinggal siswa sehingga H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183182 BILQIS FATIMATUS SALSABILA
Date Deposited: 20 Oct 2024 05:03
Last Modified: 20 Oct 2024 05:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54130

Actions (login required)

View Item View Item