PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN

ARINA ZULFA ZULAIKHO, 12205193267 (2023) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Quizizz Terhadap Kompetensi Kognitif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran” yang ditulis oleh Arina Zulfa Zulaikho, NIM 12205193267, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing oleh Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Media Quizizz, Kompetensi Kognitif, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa dalam proses pembelajaran terkesan kurang aktif dalam belajar dan konsentrasi siswa belum sepenuhnya tertuju pada penjelasan materi. Dikarenakan pemilihan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, sehingga kurang mendalami dan memahami penjelasan materi dari guru mengakibatkan kompentensi kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kurang memuaskan. Mengingat kompetensi kognitif siswa merupakan foktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Apalagi di era saat ini yang harus menguasai dan menerapkan teknologi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti apakah benar media quizizz mampu meningkatkan kompetensi kognitif siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh media quizizz terhadap kompetensi kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran matematika MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh kompetensi kognitif siswa pada penggunaan media quizizz kelas V pada mata pelajaran matematika MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Dengan media quizizz sebagai variabel bebas, kompetensi kognitif sebagai variabel terikat dan variabel kontrol pada kualitas hasil pembelajaran pada media. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi seluruh siswa kelas V. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas V-D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 siswa dan kelas V-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode tes (pre test dan post test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent sample t-test dan uji n-gain berbantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh media quizizz terhadap kompetensi kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran matematika MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Menggunakan uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai sig. 0,004 < 0,005. Hasil analisis uji t-test pretest diperoleh nilai thitung 3,047 dan nilai ttabel 0,325. Sehingga nilai thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji t-test posttest diperoleh nilai nilai thitung 3,028 dan nilai ttabel 0,325. Sehingga nilai thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kognitif siswa pada penggunaan media quizizz kelas V pada mata pelajaran matematika MI Manba’ul Ulum Buntaran. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan n-gain menunjukkan tingkat rata-rata signifikasi kelas eksperimen 56,93% (cukup efektif).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193267 ARINA ZULFA ZULAIKHO
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:45
Last Modified: 24 Oct 2024 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54162

Actions (login required)

View Item View Item