WAHYUDIANING TYAS, 126211202072 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG DAN GETARAN KELAS VIII BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Gelombang Dan Getaran Kelas VIII Berbantuan Audio Visual Di SMP Negeri I Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Wahyudianing Tyas, NIM. 126211202072, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning, Audio Visual, Pemahaman Konsep, Gelombang dan Getaran Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung dengan latar belakang rendahnya pemahaman konsep pada siswa, khusunya pada materi gelombang dan getaran. Model pembelajaran yang digunakan masih berfokus pada guru dan pembelajaran kurang bervariasi. Sehingga membuat siswa cepat bosan ataupun sulit untuk memahami konsep dari materi yang disampaikan guru. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan audio visual. Model pembelajaran problem based learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada masalah dimana siswa dihadapkan pada masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat berpikir kritis, memecahkan masalah, serta dapat mengembangkan keterampilan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII berbantuan Audio Visual di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-G sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yakni simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji coba intrumen yaitu uji validitas dan uji reabilitas, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan terakhir uji hipotesis atau uji T . Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII berbantuan Audio Visual di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202072 WAHYUDIANING TYAS |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:21 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |