NADZIROTUL FIKRIYAH, 12204193097 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BILANGAN DI KELAS VII-B MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (900kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Bilangan di Kelas VII-B MTs Negeri 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nadzirotul Fikriyah, NIM. 12204193097, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Kepercayaan Diri, Bilangan Kemampuan literasi matematika sangat penting dimiliki oleh siswa. Siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika akan mampu menganalisis,bernalar, dan mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilan matematikanya secara efektif, serta mampu memecahkan dan menginterpretasikan penyelesaian matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal terkait materi bilangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VII-B MTs Negeri 3 Tulungagung. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, tes tulis,angket, dan waancara. Analisis data dapat dilakukan dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan atau diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan literasi matematika siswa dengan kepercayaan diri tinggi mampu memenuhi semua indikator dengan baik yaitu memahami soal, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali. 2) Kemampuan literasi matematika siswa dengan kepercayaan diri sedang mampu memenuhi tiga indikator yaitu merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal sesuai rencana,dan melakukan pengecekan kembali. 3) Kemampuan literasi matematika siswa dengan kepercayaan diri rendah hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu memahami soal dan merencanakan penyelesaian. Penelitian ini diharapkan dapat membuat guru membiasakan memberikan latihan soal yang mencakup semua indikator agar meningkatkan kemampuan literasi matematika bagi siswa, lebih memaksimalkan siswa dalam berlatih soal-soal matematika agar terbiasa menyelesaikan permasalahan literasi matematika serta meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangakan penelitian lanjutan yang mebahas tentang kemampuan literasi matematika namun dengan faktor variabel yang berbeda dengan penelitian ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193097 NADZIROTUL FIKRIYAH |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:55 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54226 |
Actions (login required)
View Item |