IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YENI ASTUTIK, 2817133206 (2017) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Yeni Astutik, NIM. 2817133206, pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: metode penmbelajaran talking stick, hasil belajar Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran SKI di madrasah yang hasil belajar peserta didiknya masih rendah. Peneliti berupaya mengatasi permasalahan tersebut melalui implementasi metode pembelajaran talking stick. Implementasi metode pembelajaran talking stick diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik belajar SKI sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatan kerja sama pada mata pelajaran SKI materi pokok pembinaan masyarakat Madinah melalui implementasi metode pembelajaran talking stick peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?; (2) bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran SKI materi pokok pembinaan masyarakat Madinah melalui implementasi metode pembelajaran talking stick peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?; (3) bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi pokok pembinaan masyarakat Madinah melalui implementasi metode pembelajaran talking stick peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan kerja sama pada mata pelajaran SKI materi pokok pembinaan masyarakat Madinah melalui implementasi metode pembelajaran talking stick peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017; (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran SKI materi pokok pembinaan masyarakat Madinah melalui implementasi metode pembelajaran talking stick peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017; (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi pokok pembinaan masyarakat Madinah melalui implementasi metode pembelajaran talking stick peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian adalah ketuntasan belajar minimum 75% dari jumlah seluruh peserta didik mendapatkan nilai minimal 70 sesuai kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar SKI peserta didik. Hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan di setiap siklus. Hasil tes akhir siklus I mencapai nilai rata-rata 76,71 dengan ketuntasan belajar 71,43% dalam kategori Baik. Pada siklus II hasil tes akhir mencapai nilai rata-rata 85,2 dengan ketuntasan belajar 94,29% dalam kategori Sangat Baik. Rata-rata nilai hasil tes akhir meningkat 8,49 poin sedangkan ketuntasan belajar meningkat 22,86%. Dengan demikian, implementasi metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar SKI materi pokok Pembinaan Masyarakat Madinah peserta didik kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 2817133206 YENI ASTUTIK
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:29
Last Modified: 12 Jul 2017 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item