Asmaul Gustyo Antika, 2814133020 (2017) Kecerdasan Logis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MIA 2 MAN 1 Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
Bab 6.pdf Download (202kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kecerdasan Logis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MIA 2 MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Asmaul Gustyo Antika, NIM: 2814133020, dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Materi Trigonometri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam kegiatan belajar mengajar matematika, yaitu masih rendahnya kemampuan penalaran dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika pada materi Trigonometri. Hal ini dapat terlihat ketika siswa mengerjakan soal, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi soal-soal yang membutuhkan penalaran tinggi. Dalam hal ini kecerdasan logis matematis siswa sangat mempengaruhi tingkat kemampuan siswa dalam mengerjakan soal, sebab antar pembelajaran dan kemampuan berpikir logis mempunyai keterkaitan dalam menyelesaikan soal matematika yang menekankan pada aspek logika. Oleh sebab itu, peneliti berusaha menggambarkan kecerdasan logis matematis berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa pada materi Trigonometri agar dapat dikembangkan dan diasah agar lebih optimal. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa berdasarkan tiap-tiap kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada materi Trigonometri Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, menggunakan metode pengumpulan data: observasi, tes, dan wawancara. Observasi dilaksanakan ketika proses pembelajaran matematika berlangsung. Sedangkan tes tertulis diikuti oleh 35 siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Tulungagung dengan soal tes sebanyak 3 butir soal. Kemudian dipilih 6 siswa menjadi subjek penelitian yang mewakili tiap-tiap kemampuan matematika. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematika siswa pada tiap-tiap tingkatan menunjukkan hasil yang berbeda dan cukup sesuai dengan komponen kecerdasan logis matematis menurut Linda & Bruce Campbell. Siswa dengan tingkat matematika tinggi mampu memenuhi kelima komponen dari 5 komponen kecerdasan logis matematis. Siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang mampu memenuhi 2-3 komponen dari 5 komponen kecerdasan logis matematis. Sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah mampu memenuhi 0-1 komponen dari 5 komponen kecerdasan logis matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133020 ASMAUL GUSTYO ANTIKA |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 06:29 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5426 |
Actions (login required)
View Item |