ELVI RUSYANAWATI, 2811133079 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI 2 NGANTRU-TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (699kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (276kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Ngantru-Tulungagung”, ini ditulis oleh Elvi Rusyanawati, NIM: 2811133079. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, NIP: 19720601 200003 1 002. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran seorang guru atau biasa disebut dengan kompetensi pegagogik yang harus dimiliki oleh semua guru, ataupun calon guru dalam menjalankan tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan bahkan juga pelaksanaannya dapat dilakukan secara kondusif sehingga mempunyai hasil yang diharapkan. Kemampuan pengelolaan pembelajaran ini berpengaruh terhadap pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa setelah proses pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 NgantruTulungagung yang meliputi perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, dan evaluasi hasil belajar di SMP Negeri 2 NgantruTulungagung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: Seluruh siswa kelas VII, VIII, IX pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 248 siswa yang ada di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Variabel bebas: Kompetensi pedagogik guru (X) dengan sub-variabel: kompetensi pedagogik guru dalam perancangan pembelajaran (X1), pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis (X2) dan evaluasi hasil belajar (X3). Variabel terikat: pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa (Y). dalam memperoleh data, cara yang ditempuh oleh peneliti yaitu dengan cara menyebar angket kepada responden yang telah ditentukan serta menggunakan dokumentasi guna memperoleh data-data yang mendukung penelitian. Metode pengumpulan data: angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, IX dan diambil 71 anak sebagai sampel dengan cara simple random sampling. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, dan regresi linier dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam perancangan pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman materi pendidikan agama Islam siswa SMPN 2 Ngantru-Tulungagung sebesar 22%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS, tampak nilai r lebih kecil dari pada tingkat a yang digunakan yaitu 0,002 atau 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kedua, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis berpengaruh terhadap pemahaman materi pendidikan agama Islam siswa SMPN 2 Ngantru-Tulungagung sebesar 12%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS, tampak nilai r lebih kecil dari pada tingkat a yang digunakan yaitu 0,003 atau 0,003 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ketiga, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam evaluasi hasil belajar berpengaruh terhadap pemahaman materi pendidikan agama Islam siswa SMPN 2 NgantruTulungagung sebesar 60%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS, tampak nilai r lebih kecil dari pada tingkat a yang digunakan yaitu 0,000 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini mengisyaratkan bahwa untuk meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa dapat dilakukan dengan mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam hal perancangan pembelajaran, pelaksanaa pembelajaran yang mendidik dan dialogis serta evaluasi hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133079 ELVI RUSYANAWATI |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 01:22 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5427 |
Actions (login required)
View Item |