STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PUNCAK JOWIN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

REZA ABDULLOH KHAN, 126407203032 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PUNCAK JOWIN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Strategi Pengembangan Wisata Puncak Jowin Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Reza Abdulloh Khan, NIM 126407203032, Prodi Pariwisata Syariah Syariah, Jurusan Manajemen dan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Deny Yudiantoro, S.AP., M.M., Penelitian ini dilatar belakangi oleh, Pentingnya strategi pengembangan pariwisata karena alasan utama pengembangan pariwisata pada suatu daerah tujuan wisata, baik secara lokal, regional, atau ruang lingkup nasional pada suatu negara sangat erat kaitannya dengan pembangunan perekonomian daerah atau negara tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pengembangan pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada objek wisata Puncak Jowin Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pengembangan sumberdaya manusia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada obyek wisata Puncak Jowin Tulungagung? (3) Bagaimana peran media yang paling efektif dalam menjangkau dan memengaruhi target audiens wisatawan, Khususnya dalam konteks digitalisasi dan perkembangan teknologi informasi? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan pengecekan ulang untuk mendapatkan data yang diperoleh dan menggunakan teknik triangulasi, dengan tujuan untuk mendapatkan kevalidan data. Setelah itu, menganalisanya melalui kondensasi data dan pembuatan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pengembangan pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada objek wisata Puncak Jowin Tulungagung dilakukan dengan berbagai cara antara lain strategi diantaranya Penambahan obyek daya tarik wisata, pengembangan aksesibilitas, Pengembangan amenitas, Pengembangan fasilitas umum, peran pemerintah. (2) strategi pengembangan sumberdaya manusia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada obyek wisata Puncak Jowin Tulungagung dengan penerapan strategi capacity building yang meliputi Pengembangan Human Resource (SDM), Strengthening organization (penguatan organisasi), Institutional reform (reformasi kelembagaan) (3) Strategi media yang paling efektif dalam menjangkau dan memengaruhi target audiens wisatawan, dengan cara mengacu pada teknis dan praktis. dengan menerapkan promosi diberbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok untuk mempengaruhi audiens wisatawan data ke wisata Puncak Jowin. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Wisata, Sumber Daya Manusia, Peningkatan Pengunjung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata > Desa Wisata
Pariwisata
Pariwisata > Wisatawan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407203032 REZA ABDULLOH KHAN
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:05
Last Modified: 31 Oct 2024 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54337

Actions (login required)

View Item View Item