PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII MTsN NGANTRU TULUNGAGUNG

DINA MUTHOLINGATUN, 2814133224 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII MTsN NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievment Devision (STAD) di Kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh: Dina Mutholingatun, NIM. 2814133224, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang tidak kondusif dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan perbandingan antara model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika di kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian komparatif eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII-B sebagai kelas eksperimen 2. Sampel berjumlah 61 siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk pengamatan atau pencatatan terhadap obyek di MTsN Ngantru Tulungagung. Metode tes digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) bahwa thitung = 3,866 > ttabel = 2,000 sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung. Berdasarkan rata-rata (mean) hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 89,53. Sedangkan rata-rata (mean) hasil belajar untuk kelas eksperimen 2 adalah 80,68. Sehingga rata-rata kelas eksperimen 1 > kelas eksperimen 2, yaitu 89,53 > 80,68. (2) besarnya perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung adalah 1,0191. Pada tabel interpretasi nilai cohen’s, nilai 1,0191 sama dengan 84% atau mempunyai perbedaan yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133224 DINA MUTHOLINGATUN
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:39
Last Modified: 13 Jul 2017 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item