Arrofa Roisatu Ma'rifat, 2814133019 (2017) Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
1. Cover.pdf Download (969kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 ini ditulis oleh Arrofa Roisatu Ma’rifat NIM 2814133019 dan dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Model Guided Discovery Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai matematika siswa. Hal ini dikarenakan sebagian siswa beranggapan bahwa matematika adalah suatu pelajaran yang sulit, menakutkan, dan membosankan. Sehingga perlu adanya penerapan model pembelajaran yang mampu memberikan semangat dan tanggung jawab, serta pembelajaran yang berkesan pada siswa. Model pembelajaran yang mampu mendukung kegiatan tersebut adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dikolaborasikan dengan Guided Discovery Learning Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi Aritmatika Sosial, dan 3) untuk mengetahui besarnya pengaruh kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII-C dan kelas VII-A. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 76,17 yang tergolong baik dibanding dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 55,53, 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika materi Aritmatika Sosial kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai yaitu pada taraf signifikansi 5%. dan Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, dan 3) besarnya pengaruh kolaborai model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa materi Aritmatika Sosial kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung adalah sebesar 1,133 dengan interpretasi nilai Cohen’s adalah 86% yang berarti memiliki pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133019 Arrofa Roisatu Ma'rifat |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:14 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5439 |
Actions (login required)
View Item |