SERLIANA DANIEL, 2814133177 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPIT AL-AZHAAR GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (937kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (462kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Serliana Daniel, NIM. 2814133177, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muniri, M.pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar. Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang berani mengajukan pertanyaan, siswa masih kesulitan saat mengerjakan soal mengenai materi pokok kubus dan balok, sebagian siswa tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Dengan numbered heads together, siswa dibimbing untuk mencari jawaban dari suatu permasalah materi yang dipelajarinya melalui diskusi kelompok aktif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi bangun ruang sisi datar di SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek, 2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Al-Azhaar Gandusari Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ketuntasan belajar siswa yang memperoleh KKM yaitu 75 sekurang-kurangnya mencapai 75% dari jumlah siswa keseluruhan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan banyak kontribusi diantaranya adalah mampu menarik perhatian siswa, bekerja sama dengan siswa yang lain, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau mejelaskan ide atau pendapat, mampu membuat siswa termotivasi dan bersemangat dalam belajar, serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatan hasil belajar siswa dari pre test, siklus I dan siklus II yaitu skor rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 56 yang berada pada kategori sangat kurang, sedangkan skor rata-rata pada post test siklus I adalah 76 yang berada pada kategori cukup dan skor rata-rata pada post test siklus II adalah 94 yang berada pada kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133177 Serliana Daniel |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2017 04:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5453 |
Actions (login required)
View Item |