PENGARUH METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR AL-QUR'AN HADIST SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TRENGGALEK

EKA AMALIA OKVITA, 2811133075 (2017) PENGARUH METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR AL-QUR'AN HADIST SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Keberhasilan Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek” ini ditulis oleh Eka Amalia Okvita, NIM. 2811133075, yang dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, M. Pd. Kata Kunci: Metode ceramah, metode diskusi, keberhasilan belajar Tujuan dalam penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan metode ceramah terhadap keberhasilan belajarAl-Qur’an Hadist siswa kelas X di MAN Trenggalek, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan metode diskusi terhadap keberhasilan belajarAl-Qur’an Hadist siswa kelas X di MAN Trenggalek, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode ceramah dan diskusi terhadap keberhasilan belajar siswa kelas X di MAN Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian Survey Research. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% dari populasi 404 siswa diambil sampel 162 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis instrumen, (2) Analisis uji prasyarat, dan (3) Analisis uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel metode ceramah dan diskusi terhadap keberhasilan belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) nilai R2= 0,166. Artinya metode ceramah dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 16%. Sisanya sebesar 84% diterangkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Adapun persamaan regresinya adalah Y= 71,750 + 0,235X1 + 0,145X2. (2) Dari hasil uji F diperoleh nilai sebesar 5,610 dengan taraf signifikansi 0,004 kurang dari 0,05 atau 0,004 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Dari persamaan regresi di atas dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien metode ceramah ialah sebesar 0,235 atau 23,5%, artinya setiap peningkatan metode ceramah sebesar 1, maka keberhasilan belajar siswa akan mengalami peningkatan sebesar 23,5%. Nilai koefisien metode diskusi ialah sebesar 0,145 atau 14,5%, artinya setiap peningkatan metode diskusi sebesar 1, maka keberhasilan belajar siswa akan mengalami peningkatan sebesar 14,5%. Jadi dari hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode ceramah dan diskusi terhadap keberhasilan belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas X di MAN Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133075 Eka Amalia Okvita
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:16
Last Modified: 20 Jul 2017 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item View Item