PENERAPAN METODE LEARNING CYCLE (LC) DENGAN MEDIA KARTU AKSARA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RIKA RAHMAWATI RODLIYAH, 2817133219 (2017) PENERAPAN METODE LEARNING CYCLE (LC) DENGAN MEDIA KARTU AKSARA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Rika Rahmawati Rodliyah, dengan judul “Penerapan Metode Learning Cycle (Lc) Dengan Media Kartu Aksara Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Metode Learning Cycle (LC), Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Bahasa Jawa di MI Al Ghozali ini masih terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran, diantaranya adalah: 1) Adanya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa kurang bervariatif, misalnya ceramah. Ada kalanya siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar. 2) Perolehan hasil belajar yakni Prestasi belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas IV yang masih di bawah KKM sekolah yaitu kurang dari 70. Hal ini juga disampaikan oleh guru mara pelajaran Bahasa Jawa yang bersangkutan. Bahwasanya prestasi belajar peserta didik Khususnya kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Jawa masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa setiap diadakan ulangan harian yang masih di bawah KKM. Dan terlihat bahwa partisipasi beberapa peserta didik rendah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui penerapan metode Learning Cycle (LC)? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi aksara jawa melalui penerapan metode Learning Cycle (LC) dengan media kartu aksara peserta kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo? Tujuan dari penelitian tersebut adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi aksara jawa melalui penerapan metode Learning Cycle (LC) (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi aksara jawa melalui penerapan metode Learning Cycle (LC) dengan media kartu aksara kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Adapun teknik pengumpulan datanya (1) Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Bahasa Jawa. (2) Pengamatan dan observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Cycle (LC) dengan media kartu aksara maka didapat hasil analisi data yakni (1) Keaktifan siswa meningkat dengan persentase keberhasilan aktivitas peserta didik pada saat siklus I (72,8%), dan siklus II (88,7%). (2) Prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik pada saat pra test (17,2%), siklus I (72,4%), dan siklus II (89,5%). Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Learning Cycle (LC) dengan media kartu aksara dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: rika 2817133219 rahma
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:26
Last Modified: 20 Jul 2017 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item