SINTA MAULINA ‘AZIZAH, 126204202143 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BOT TELEGRAM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMKN 1 BANDUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Bot Telegram terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X SMKN 1 Bandung” ini ditulis oleh Sinta Maulina ‘Azizah, NIM. 126204202143, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, Bot Telegram, Trigonometri, Minat dan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika pada era revolusi industri 4.0 diharapkan dapat membentuk generasi digital yang kreatif, inovatif, serta kompetitif. Dalam hal ini, media pembelajaran membawa peran sebagai penunjang pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan kompetitif. Salah satu media pembelajaran dengan integrasi digital adalah bot telegram, media pembelajaran yang dikemas untuk pembelajaran hybrid dengan konsep self learning guna membangun pengetahuan dan keterampilan belajar secara independen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Bot Telegram terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X SMKN 1 Bandung, (2) mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Bot Telegram terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X SMKN 1 Bandung, (3) mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Bot Telegram terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X SMKN 1 Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa media pembelajaran berbasis bot telegram, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa media pembelajaran konvensional yakni Google Classroom. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMKN 1 Bandung dengan sampel sejumlah 2 kelas yakni X AKL 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan selama penelitian antara lain, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari pemberian media pembelajaran berbasis bot telegram terhadap minat belajar siswa pada materi trigonometri kelas X SMKN 1 Bandung. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.888 atau lebih besar dari 0.05. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari pemberian media pembelajaran berbasis bot telegram terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X SMKN 1 Bandung. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.037 atau lebih kecil dari 0.05. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari pemberian media pembelajaran berbasis bot telegram terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X SMKN 1 Bandung. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.112 atau lebih besar dari 0.05. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pemberian media pembelajaran berbasis bot telegram tidak pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X SMKN 1 Bandung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202143 SINTA MAULINA 'AZIZAH |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:08 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54806 |
Actions (login required)
View Item |