PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DIAN NOVITASARI, 126204202086 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar materi pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Novitasari, NIM 126204202086, jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, motivasi belajar, hasil belajar, pertidaksamaan linier satu variabel. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum merdeka yang diterapkan pemerintah saat ini. Dimana siswa di tuntut untuk berperan aktif saat kegiatan pembelajaran. Namun pada kenyataannya pembelajaran matematika masih dianggap membosankan. Hal ini akan berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang akan menurun. Maka dari itu peneliti mengambil penelitian menggunakan model PBL. Herman Dwi Surjono berpendapat jika PBL dalam pembelajaran matematika dapat mengembangkan pola berpikir kritis dan analitis serta menghadapkan siswa pada latihan untuk memecahkan masalah-masalah individu maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui ada pengaruh penerapan model PBL terhadap motivasi belajar pada materi pertidaksamaan linier satu variable kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung. 2) mengetahui ada pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar pada materi pertidaksamaan linier satu variable kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung. 3) mengetahui ada pengaruh penerapan model PBL terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada materi pertidaksamaan linier satu variable kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain pretest posttest control group design. Teknik sampling yang digunaan yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung. Sampel yang diambil adalah kelas VII-A dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B dengan 29 siswa sebagai kelas kontrol . Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasayat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model PBL terhadap motivasi belajar siswa materi pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. 2) ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa materi pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) ada pengaruh model PBL terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202086 DIAN NOVITASARI
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:17
Last Modified: 14 Nov 2024 01:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54822

Actions (login required)

View Item View Item