DESIKA FITRIA CAHYANI, 12209193003 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (728kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Paper Mode Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar” ditulis oleh Desika Fitria Cahyani NIM. 12209193003. Pembimbing: Anggoro Putranto, S. Pd., M. Sc. Kata Kunci: Quizizz Paper Mode, Aktivitas Belajar, IPS. Kurangnya keragaman media pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS mendasari penelitian ini. Kurang variatifnya media pembelajaran akan mengakibatkan siswa merasa mengantuk, bosan dan tidak memperhatikan guru ketikan sedang menjelaskan. Maka dari itu, perlu adanya media pembelajaran yang mampu melibatkan seluruh siswa dalam setiap pembelajaran sehingga membuat siswa ikut berperan aktif ketika pembelajaran di kelas. Salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan adalah media pembelajaran Quizizz Paper Mode. Penelitian ini menetapkan dua rumusan masalah diantaranya, (1) Apakah pengaplikasian media pembelajaran Quizizz Paper Mode memiliki pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar? (2) Apakah terdapat perbedaan aktiviras belajar menggunakan media pembelajaran Quizizz Paper Mode dengan aktivitas belajar menggunakan media pembelajaran konvensional di SMPN 1 Sanankulon Blitar?. Studi ini mempunyai dua tujuan yaitu, (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Quizizz Paper Mode pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar. (2) Untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar menggunkan media pembelajaran Quizizz Paper Mode dengan hasil belajar menggunakan media pembelajaran konvensional di SMPN 1 Sanankulon Blitar. Hasil studi yang telah dilaksanakan di kelas VII D dan E SMPN 1 Sanankulon Blitar menunjukkan bahwa terdapat dampak yang signifikan antara kondisi sebelum digunakannya media pembelajaran Quizizz Paper Mode dan sesudah digunakannya media pembelajaran tersebut terhadap aktivitas siswa di kelas control VII E dan kelas eksperimen VII D yang diketahui bahwa Sig. (2-tailed) 0,013 dan 0,022. Dengan demikian, terdapat cukup bukti yang memaparkan bahwa Ho dapat ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz Paper Mode dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas tujuh di SMPN 1 Sanankulon Blitar memperoleh hasil perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193003 DESIKA FITRIA CAHYANI |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:27 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54897 |
Actions (login required)
View Item |