PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA (Studi Multisitus di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MI Al-Maarif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

NOVIANA OKTAVIA, 1880505220025 (2024) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA (Studi Multisitus di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MI Al-Maarif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (511kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Noviana Oktavia, 2024, Tesis dengan judul “Peran Guru dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama (Studi Multisitusdi MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh, Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing 1) Prof. Dr.Nur Kholis, S. Ag, M.Pd., 2) Dr. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Moderasi Beragama Upaya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 perlu terbentuknya karakter generasi muda-mudi yang baik. Penumbuhan sikap moderasi beragama merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menciptakan generasi yang mampu bersaing di kancah dunia. Penumbuhan sikap moderasi beragama perlu pendampingan oleh guru, sehingga guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa peran guru dalammenumbuhkan karakter siswa sangat berpengaruh bagi siswa. Hal ini juga terjadi di MI Manba’ul ’Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama (tawassuth, tawazun, tasamuh) di MI Manba’ul ’Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan 1) Peran guru dalam menumbuhkan sikap tawassuth, 2) Peran guru dalam menumbuhkan sikap tawazun, 3) Peran guru dalam menumbuhkan sikap tasamuh di MI Manba’ul ’Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. xx Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan,dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan mulai dari analisis data tunggal dan analisis data multisitus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas,transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah siswa MI Manba’ul ‘Ulum dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru sudah mengetahui konsep moderasi beragama secara umum. Pada praktiknya, sikapmoderasi beragama sudah sangat diterapkan di madrasah ini. Penerapan sikap moderasi beragama dilakukan oleh siswa melalui pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan membaca surat Al-Waqi’ah setiap pagi, pembelajaran P5, dan pada pendekatan-pendekatan secara personal kepada siswa, kajian yang disampaikan oleh mubaligh, pembiasaan untuk selalu mengajarkan sikap minta maaf setelah melakukan kesalahan, dan memberikan pengertian-pengertian dasar terhadap semua agama yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220025 NOVIANA OKTAVIA
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:01
Last Modified: 04 Dec 2024 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54975

Actions (login required)

View Item View Item