IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MA MAMBAUL MA’ARIF DENANYAR JOMBANG

RANI RAHMAWATI, 126201203321 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MA MAMBAUL MA’ARIF DENANYAR JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (414kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’aif Denanyar Jombang’’ini ditulis oleh RANI RAHMAWATI, NIM. 126201203321, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UINSATU) yang di bimbing oleh Dr. H. Muntahibun Nafis.M.Ag Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Akhlak Siswa Pengetahuan dan pemahaman siswa tentang akhlak yang baik atau akhlak yang dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan bertingkah laku Pengajaran kitab Ta'lim Muta'alim yang merupakan literature klasik membahas tentang akhak demi tercapainya kemanfaatan ilmu, metode belajar, esensi dari kitab ini juga mencakup tujuan, prinsip-prinsip dan strategi belajar yang didasarkan pada moral religious. Melihat situasi peserta didik khususnya kalangan siswa belakangan ini, sangatlah menarik untuk meneliti akhlak dalam kitab Ta'lim al mutaallim. Fokus penelitian ini membahas tentang 1)perencanaan implementasi pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang., 2)pelaksanaan pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang., 3)hasil evaluasi pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan kualitatif jenis studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi 1) person (orang) yaitu, ketua yayasan, komite, bapak ibu guru dan siswa Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu berupa dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran dan kegiatan siswa setiap hari 3) place (tempat) yaitu di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pendekatan penelitian dan metode berfikir. Pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi, pembahasan sejawat, perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:1) perencanaan pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim dirangcang setiap awal tahun pelajaran dan dilakukan setiap semester. Perencanan metode pembelajaran diserahkan sepenuhnya kepada bapak ibu guru. 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim dilakukan oleh bapak ibu guru dan kepala madrasah dilaksanakan mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.3) evaluasi pembelajaran kitab Ta'lim Muta'alim menggunakan evaluasi teknik tes dan non tes, dimana evaluasi dilakukan sepenuhnya oleh guru- guru kitab Ta'lim Muta'alim.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203321 RANI RAHMAWATI
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:52
Last Modified: 06 Dec 2024 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55033

Actions (login required)

View Item View Item