ANALISIS PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN LAYANAN DIGITAL DI DINAS PERPUSTAKAN DAN KEARSIAPAN KOTA BATU

KHAFID TEGAR PRASTYA, 126310202039 (2024) ANALISIS PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN LAYANAN DIGITAL DI DINAS PERPUSTAKAN DAN KEARSIAPAN KOTA BATU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Layanan digital adalah layanan yang disediakan secara online atau melalui teknologi digital yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses koleksi perpustakaan tanpa harus datang ke perpustakaan secara fisik. Layanan digital yang disediakan oleh dinas perpustakaan dan kearsipan kota Batu meliputi layanan book request, katalog buku, pendaftaran anggota, ebook, kotak saran, literasi, google maps, serta layanan akses ke database digital. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui perilaku pemustaka terhadap pemanfaatan layanan digital dan upaya Dinas Perpustakan dan Kearsiapan Kota Batu dalam meningkatkan kepuasan pemustaka terhadap layanan digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data terdiri dari observasi dan wawancara mendalam kepada pengguna layanan digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pemustaka dapat memanfaatkan layanan digital dengan variasi informasi yang tersedia. Dinas Perpustakan dan Kearsiapan Kota Batu berhasil menyediakan beragam materi digital yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna. Dengan akses yang mudah melalui platform digital, pengguna dapat dengan cepat menemukan buku, artikel, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan minat dan keperluan pengguna. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu berupaya meningkatkan pemanfaatan digital library dengan ters memperbarui koleksi digital, memberikan variasi konten yang menarik dan up-to-date. juga berusaha untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Layanan perpustakaan harus mencakup platform digital agar dapat mencapai lebih banyak masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202039 KHAFID TEGAR PRASTYA
Date Deposited: 12 Dec 2024 04:14
Last Modified: 12 Dec 2024 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55087

Actions (login required)

View Item View Item