MOCHAMAD DJUNAEDI, 12850621028 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AMTSILATI DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN KITAB KUNING (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis ini berjudul “Implementasi pembelajaran Amtsilati dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning (Studi multi situs di pondok pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung)”, ditulis oleh Mochamad Djunaedi, NIM 12850621028 Program Studi Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag dan Dr. Ahmad Zainal Abidin, M. A. Kata Kunci: Implementasi pembelajaran, pembelajaran Amtsilati, Amtsilati, Kitab Kuning, membaca al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para santri di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung yang mengeluhkan betapa susah dan lamanya penguasaan membaca kitab kuning pada umumnya. Kemudian muncullah Metode Amtsilati yang diyakini sebagai metode yang andal untuk membaca kitab kuning, bahkan metode ini digadang-gadangkan bisa membaca kitab kuning hanya dalam kurun waktu enam bulan, dengan kata lain metode ini diyakini mampu membuat santri bisa membaca kitab kuning dalam waktu yang relatif singkat, mengingat betapa susah dan lamanya penguasaan membaca kitab kuning pada umumnya. Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan tentang (1) Implementasi pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang aktif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung (2) Bagaimana Implementasi pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. (3) Bagaimana Implementasi pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang Inovatif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Metode dalam penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multi situs yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis lintas situs. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Implementasi pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang aktif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dapat melalui Membaca dan menirukan materi yang disampaikan oleh ustadz dalam proses Pembelajaran Amtsilti, Mengulangi keterangan yang ada di bawahnya dan membaca dasar baitnya dengan melihat pada buku khulasoh.(2) Implementasi pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dapat melalui Alokasi waktu yaitu dilaksanakan 4x dalam satu minggu dan 6x dalam satu minggu dan Membahas satu atau beberapa materi yang berkesinambungan..(3) Implementasi pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang inovatif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dapat melalui Mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata, berdiskusi tentang materi yang baru disampaikan, melakukan tanya jawab sesuai dengan yang ada di kitab rumus qoidah amtsilati, Semua santri di haruskan menghafal rumus Qaidah dan Khulasoh yang sudah tersusun rapi di kitab Amtsilati, melaksanakan Tamrinan, Belajar privat, memberikan Motivasi. Implikasi hasil penelitian adalah kelancaran dalam membaca al-qur’an dan kitab kuning kepada para santri di pondok pesantren Ma’hadul ‘Imi Wal ‘amal Moyoketen Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Asrama Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dengan cara mengimplementasikan pembelajaran Amtsilati sebagai metode yang aktif, efektif, inovatif dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan Kitab Kuning. Sehingga para santri mampu mengatasi betapa susah dan lamanya penguasaan membaca kitab kuning.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12850621028 MOCHAMAD DJUNAEDI |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 01:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55095 |
Actions (login required)
View Item |