PERSEPSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

ANANTA NUR ARIBYAN, 126209202056 (2024) PERSEPSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER(1).pdf

Download (575kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nur Aribyan. Ananta. 2024. Persepsi Guru Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Durenan. Skripsi. Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci : Persepsi, Guru, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kurikulum menjadi salah satu elemen penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Keberadaan kurikulum merdeka dapat dijadikan progam pembelajaran yang sesuai dengan target yang diharapkan. Munculnya kurikulum merdeka ini salah satu bentuk reformasi pendidikan yang berfokus pada transformasi budaya sekolah. Dalam hal ini diharapkan dapat menginovasi pembelajaran yang berfokus kepada peserta didik yang tujuannya agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan profil pelajar pancasila. Guru sebagai penggerak merdeka belajar di tuntut untuk mampu bersikap aktif dan semangat, kreatif, inovatif, serta terampil guna menjadi fasilitator penggerak perubahan disekolah dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang baik dengan membangun kedekatan dengan peserta didik. Pertanyaan penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Durenan? (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka? Metode riset penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMAN 1 Durenan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teori Miles, Huberman yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMAN 1 Durenan menunjukkan bahwa kurikulum ini memberikan perhatian yang kuat terhadap pengembangan nilai nilai pancasila dalam pembelajaran, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk generasi yang memiliki profil pelajar Pancasila. Selain itu persepsi guru terhadap kurikulum merdeka di pengaruhi oleh pengetahuan guru, guru perlu pendampingan intensif dan berkala untuk memudahkan implementasi kurikulum merdeka, guru perlu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih interaktif, guru perlu meningkatkan kompetensi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, persepsi guru terhadap kurikulum merdeka secara keseluruhan positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202056 ANANTA NUR ARIBYAN
Date Deposited: 17 Dec 2024 06:36
Last Modified: 17 Dec 2024 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55145

Actions (login required)

View Item View Item