PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI SANAN PAKEL TULUNGAGUNG

DESKA NUR AYUNINGTYAS, 2817133027 (2017) PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI SANAN PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Think Pair And Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas V MI Sanan Pakel Tulungagung” yang ditulis oleh Deska Nur Ayuningtyas, nim : 2817133027, di bimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M. Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Think Pair And Sare, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar Fiqih pokok bahasan ketentuan kurban kelas V di MI Sanan Pakel Tulungagung siswa banyak mengalami kesulitan belajar. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan metode belajar yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi ketentuan qurban. Rumusan Masalah : (1) Bagaimana penerapan metode Think Pair And Share pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan ketentuan Qurban pada peserta didik kelas V MI Sanan Pakel Tulungagung. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Fiqih pokok bahasan ketentuan Qurban melalui metode Think Pair And Share pada peserta didik kelas V MI Sanan Pakel Tulungagung. Tujuan Penelitian : (1) Mendeskripsikan penerapan metode Think Pair And Share pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Ketentuan Qurban pada peserta didik kelas V MI Sanan Pakel Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Fiqih pokok bahasan Ketentuan Qurban melalui metode Think Pair And Share pada peserta didik kelas V MI Sanan Pakel Tulungagung tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V pada materi ketentuan kurban. Prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain: tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencangkup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 70. Adapun penerapan metode tersebut meliputi: (a) Pra tindakan; (b) Tindakan. Tahap pra tindakan merupakan tahap sebelum dilaksanakannya penelitian dan masih berupa persiapan-persiapan. Tahap tindakan merupakan tahap peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS), meliputi : (1) Penyajian kelas (peneliti menjelaskan materi); (2) Think (pemberian masalah oleh guru yang dilanjutkan dengan siswa memikirkan jawaban yang tepat secara individu); (3) Pair (siswa diminta berpasangan untuk berdiskusi mengutarakan pemikiran masing-masing); (4) Share (berbagi dengan teman sekelas didepan kelas); (5) dan setiap akhir siklus dilakukan post test. Sedangkan untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata 71,04 (66,665%), siklus II dengan nilai rata-rata 84,37 (95,83%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi ketentuan kurban bagi siswa kelas V MI Sanan Pakel Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133027 DESKA NUR AYUNINGTYAS
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:01
Last Modified: 25 Jul 2017 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item