ANDRI CHOIRUNAWATI, 281413008 (2017) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (846kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (96kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi lingkaran Siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Andri Choirunawati dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together, Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi belajar. Pelajaran matematika masih banyak yang menganggap sulit, hal itu dikarenakan metode yang digunakan pada pembelajaran matematika masih monoton dan pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga siswa belum bisa mengkreasikan ide atau pendapat mengenai yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), (2) untuk mengetahui besar tingkat perbedaan antara menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu Matematika dengan materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang terdiri dari Sembilan kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII H sebagai kelas Numbered Head Together (eksperimen 1) dan kelas VIII I sebagai kelas Pembelajaran Berbasis Masalah (eksperimen 2). Analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji homogenitas, dan uji t. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait data sekolah, data guru, dan data siswa. Sedangkan metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Numbered Head Together, ternyata terdapat kelebihan yaitu (1) dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa (2) dapat meningkatkan prestasi belajar, memperdalam pemahaman siswa, mengembangkan sikap positif siswa, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,001 > 2.000 dan Sig. (2-tailed) = 0.004 < 0.05, dan (2) besar perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Berbasis masalah (PBL) terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah sebesar 15,243%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Berbasis masalah (PBL) terhadap prestasi belajar matematika siswa termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 281413008 ANDRI CHOIRUNAWATI |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5520 |
Actions (login required)
View Item |