HENDA ARMANDA, 126209201016 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS 10 MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran Problem Based Learning yang mengarahkan kepada kemampuan siswa untuk berperan aktif dalam memecahkan suatu masalah dalam proses kegiatan pembelajaran, namun kenyataan nya di dalam pembelajaran di kelas 10 Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin masih ada beberapa peserta didik yang masih kesulitan dalam memecahkan masalah. Peneliti di sini ingin memberikan saran agar pembelajaran di kelas agar lebih kondusif , sehingga peserta didik lebih aktif dalam pemecahan masalah dan inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas 10 ? 2) Bagaimana implementasi Problem Based Learning dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran Sejarah Indonesia kelas 10 ? 3) Apakah implikasi implementasi Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa ?. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, Adapun sumber data yang di gunakan, yaitu melalui data primer dengan menggali secara langsung ke lokasi penelitian yang berada di MA Bustanul Muta’allimin Blitar, Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawanacara, observasi, dan dokumentasi serta pengecekan keabsahan data melalui trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah untuk implementasi pembelajaran model Problem Based Learning untuk kelas 10 A, 10 B dan 10 C berjalan dengan baik, siswa memperhatikan setiap arahan maupun tahapan yang di terapkan dalam pembelajaran di kelas, dengan aktif bertanya, menjawab maupun menyanggah jawaban dan siswa bereperan aktif serta berfikir kritis dalam pemecahan suatu masalah dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Pembelajaran model Problem Based Learning memilki dampak yang signifikan terhadap pembelajaran di kelas. Hasil belajar siswa dari ketiga kelas tersebut menunjukan bawha dari nilai-nilai yang di peroleh kelas 10 A terletak antara 7, 10 B terletak antara 8 dan kelas 10 C terletak antara 9. Menujukan bahwa kelas 10 A menjadi nilai yang paling rendah di bandingkan dengan kelas lainya hal ini menunjukan bawa kelas 10 B dan 10 C lebih baik dalam memahami dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sejarah Indonesia
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201016 HENDA ARMANDA |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:27 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |