RICA YUNITA FAJARIANA, 126205201003 (2024) STRATEGI GURU KELAS ATAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (798kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rica Yunita Fajariana. 2024. Strategi Guru Kelas Atas Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Siswa di MIN 7 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Kelas Atas, Kemampuan Komunikasi Siswa Rendahnya keberanian siswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat, minimnya kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa dalam pembelajaran menjadi alasan banyaknya siswa yang tertinggal dalam memperoleh informasi pengetahuan dalam hal ini pemahaman materi pelajaran. Pendidikan abad 21 menekankan keterampilan inovasi salah satunya kemampuan komunikasi, maka menjadi suatu tantangan bagi seorang guru untuk menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat untuk menumbuhkembangkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas atas. Pada kelas ini siswa sudah mempunyai kemampuan pemusatan perhatian, kemampuan berpikir kritis, senang berbicara dan berargumentasi, menggunakan struktur bahasa serta mampu menguasai beberapa gaya bahasa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru kelas atas dalam mengembangkan kemampuan komunikasi lisan siswa di MIN 7 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru kelas atas dalam mengembangkan kemampuan komunikasi tulisan siswa di MIN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru kelas atas dalam mengembangkan kemampuan komunikasi non verbal siswa di MIN 7 Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi guru kelas atas dalam mengembangkan kemampuan komunikasi lisan siswa di MIN 7 Tulungagung (2) mendeskripsikan strategi guru kelas atas dalam mengembangkan kemampuan komunikasi tulisan siswa di MIN 7 Tulungagung (3) mendeskripsikan strategi guru kelas atas dalam mengembangkan kemampuan komunikasi non verbal siswa di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan langkah-langkah yaitu uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas, serta uji transferabilitas. Hasil penelitian meliputi : (1) Strategi guru dalam mengembangkan komunikasi lisan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif (diskusi), bercerita dan berpidato. (2) Strategi guru dalam mengembangkan komunikasi tulisan siswa melalui kegiatan meringkas, kegiatan membaca, studi proyek, mengerjakan LKPD, dan pembuatan buku kumpulan cerpen. (3) Strategi guru dalam mengembangkan komunikasi nonverbal siswa melalui pemberian materi ekspresi wajah dan gestur tubuh serta kegiatan berpuisi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201003 RICA YUNITA FAJARIANA |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 01:46 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55273 |
Actions (login required)
View Item |