NI'MATUSH SHALIHAH, 126201202134 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERBUDI LUHUR SISWA MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (835kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (567kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (635kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Berbudi Luhur Siswa MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Ni’matush Shalihah, NIM. 126201202134, pembimbing Saiful Bahri, S.Pd., M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru, Akidah Akhlak, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi dari peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter berbudi luhur peserta didiknya. Penelitian ini menyoroti bagaimana guru akidah akhlak yang tidak hanya sebagai pengajar materi akidah dan akhlak saja, tetapi juga sebagai pendidik yang memberikan contoh langsung dan membimbing siswa sehari-hari. Karena pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh peserta didik, sehingga guru akidah akhlak berperan penting dalam hal ini. Fokus penelitian ini adalah peran guru akidah akhlak sebagai pendidik, motivator dan evaluator dalam membentuk karakter berbudi luhur siswa MAN 2 Blitar. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter berbudi luhur siswa MAN 2 Blitar? (2) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter berbudi luhur siswa MAN 2 Blitar? (3) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai evaluator dalam membentuk karakter berbudi luhur siswa MAN 2 Blitar? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah MAN 2 Blitar. Data yang peneliti dapatkan merupakan dari Kepala Madrasah, Waka kurikulum, Guru Akidah Akhlak dan juga siswa MAN 2 Blitar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sebagai pendidik, guru akidah akhlak tidak hanya mengajarkan tentang materi pembelajaran saja, tetapi juga sebagai pendidik yang memberikan contoh langsung dan membimbing siswa sehari-hari. (2) Sebagai motivator, guru akidah akhlak berupaya memberikan motivasi kepada peserta didik melalui berbagai metode motivasi dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. (3) Sebagai evaluator, selain mengevaluasi pembelajaran yang telah diberikan kepada peserta didik melalui kuis, UTS dan UAS, guru akidah akhlak juga mengevaluasi karakter siswa dengan pengamatan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202134 NI'MATUSH SHALIHAH |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 06:32 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55385 |
Actions (login required)
View Item |