EMA MARIA ULFA, 2811133080 (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (626kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungaggung”, ini ditulis oleh Ema Maria Ulfa, NIM 2811133080. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA. NIP. 19740408 200710 1 003. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar disekolah setiap siswa memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda – beda, sehingga pencapaian siswa dalam memahami pembelajaran PAI juga berbeda – beda pula. Terlebih pada mata pelajaran PAI yang sering dianggap sulit dan kadang membosankan apabila guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga dibutuhkan strategi yang tepat oleh guru PAI agar hasil belajar siswa dapat maksimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa faktor-faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Teknik penelitian yang digunakan adalah: penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya: observasi – partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Lokasi penelitian: SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Instrument: peneliti. Sumber data: informan, peristiwa/ aktivitas, dokumen/ arsip, lingkungan fisik dan sosial sekolah. Analisis data: data reduction, data display, verivication. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamat, serta triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Intrinsik Siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Memiliki beberapa kecenderungan: a) dengan cara penyadaran. b) diberikan wawasan. c) diberikan reward (penghargaan) dan punishment (hukuman. d) Penanaman mental yang kuat terhadap diri siswa. e) Mengadakan kompetisi didalam kelas. f) Menerapkan metode PAIKEM (Pembelajaran: Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan). 2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik Siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Memiliki kecenderungan: a) Pemberian nilai. b) Pemberian hadiah. c) pemberian pujian. d) pemberian tugas. 3) Faktor – Faktor Penghambat dan Pendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Memiliki kecenderungan: a) Faktor Pendukung Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik. Cenderung kepada: 1) Keluarga, 2) Siswa, 3) Guru, (4) Sarana dan prasarana (fasilitas yang mendukung), (5) Lingkungan atau keluarga, (6) Kebiasaan. b) Faktor Penghambat Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik. Cenderung kepada: (1) Siswa, (2) Guru, (3) Lingkungan atau keluarga, (4) Fasilitas (sarana, prasarana, media dan sumber belajar).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133080 EMA MARIA ULFA |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 03:47 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5551 |
Actions (login required)
View Item |