NOVI MELINDAWATI, 12205193037 (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI AT-THOLIBIIN KAMPUNGBARU NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (834kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI AT-Tholibiin Kampungbaru Nganjuk” ini ditulis oleh Novi Melindawati, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) NIM : 12205193037 Tahun 2024 dibimbing oleh Prof.Dr.H.Agus Zaenul Fitri,M.Pd Kata Kunci : Pembentukan Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya membentuk peserta didik berkarakter baik dan selalu mengingat Allah, apalagi di zaman kecanggihan teknologi dapat dengan mudah mempengaruhi peserta didik yang usianya sangat labil dan tertarik hal baru yang belum pernah dijumpai. Jika dibiarkan dapat membuat peserta didik melupakan kewajibannya sebagai seorang hamba Allah. Oleh sebab itu, banyak sekolah memiliki program kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter peserta didik yang religius. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI AT-Tholibiin Kampungbaru Nganjuk. Adapun fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan sholat dhuha di MI AT-Tholibiin Kampungbaru Nganjuk? (2) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan qira’ah mujawwadah di MI AT-Tholibiin Kampungbaru Nganjuk? (3) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan menghafal juz amma di MI AT-Tholibiin Kampungbaru Nganjuk? (4) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan menghafal Asmaul Husna di MI AT-Tholibiin Kampungbaru Nganjuk? (5) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan Metode Ummi di MI ATTholibiin Kampungbaru Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya berupa triangulasi, teman sejawat dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan sholat dhuha di MI AT-Tholibiin dilakukan setiap hari sebelum kegiatan pelajaran. Tujuannya untuk membentuk karakter peserta didik yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan ibadah sholat wajib maupun sunnah. Kegiatan ini wajib diikuti semua peserta didik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pembiasaan yang diwajibkan bagi semua peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Dimulai dengan membaca niat secara munfarid tetapi bacaannya dibaca keras dan gerakkannya dilakukan secara berjamaah. Perubahan karakter peserta didik menjadi semakin terlatih dan terbiasa disiplin dan bertanggung jawab dalam beribadah, bersuci, meningkatkan iman dan pendekatan diri kepada Allah. (2) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan qira’ah mujawwadah di MI AT-Tholibiin dilaksanakan setiap hari Jum;at. Tujuannya untuk melatih membaca Alquran dengan menggunakan lantunan lagu sesuai makhorijul Huruf dan tajwid yang benar, menyalurkan dan mengembangkan peserta didik yang memiliki suara indah dalam membaca Alquran. Kegiatan ini wajib diikuti peserta didik kelas 3 sampai kelas 6, dikarenakan peserta didik kelas 1 dan kelas 2 susah diatur. Metode yang digunakan ustad dalam mengajar qira’ah adalah pembiasaan dengan mencontohkan bacaan tiap ayat secara berulang-ulang dan ditirukan peserta didik secara bergantian. Perubahan karakter peserta didik menjadi senang membaca Alquran dengan lantunan lagu, dapat menyalurkan bakat qira’ah dalam kegiatan masyarakat maupun perlombaan.(3) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan menghafal juz amma dilaksanakan setelah berdoa sebelum mulai pembelajaran. Tujuannya untuk melatih, mencetak dan syiar kepada masyarakat bahwa peserta didik MI AT-Tholibiin tidak hanya dapat membaca Alquran tetapi juga terampil menghafal surat- surat di juz amma. Kegiatan ini wajib diikuti semua peserta didik. Metode yang digunakan pendidik yaitu pembiasaan membimbing menghafal juz amma secara pelanpelan, konsisten dan mengulang-ulang bacaan yang diikuti peserta didik secara bersamasama. Perubahan karakter peserta didik menjadi terampil menghafal surat-surat di juz amma sehingga bacaan surat pendek ketika sholat lebih beragam, membentuk karakter jujur, disiplin, sopan dan santun.(4) pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan menghafal Asmaul Husna di MI AT-Tholibiin membimbing menghafal Asmaul Husna secara pelan-pelan, konsisten dan mengulang-ulang bacaan surat yang diikuti oleh peserta didik secara bersama-sama. Perubahan karakter peserta didik setelah mengikuti kegiatan menghafal juz amma menjadi terampil menghafal surat-surat di juz amma.(5) pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan Metode Ummi di MI AT-Tholibiin metode yang digunakan mengajar Metode Ummi adalah pembiasaan dengan mencontohkan bacaan tiap ayat secara berulang-ulang dan ditirukan peserta didik. Perubahan karakter peserta didik setelah mengikuti kegiatan Metode Ummi menjadi senang belajar membaca Alquran dan memnambah wawasan peserta didik dengan metode ummi yang seperti ini dengan menggunakan Jilid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193037 NOVI MELINDAWATI |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:15 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55511 |
Actions (login required)
View Item |