PENGARUH PENGGUNAAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DARUSSALAM REJOTANGAN

PANDU ARSYAD FAADHILAH, 126201203248 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) DARUSSALAM REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (890kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Darussalam Rejotangan” yang ditulis oleh Pandu Arsyad Faadhilah, NIM 126201203248, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan pembimbing Dr. Uswatun Hasanah, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci : Wordwall, Akidah Akhlak, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya media konvesional dalam kegaitan pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah MTs Darussalam. Media konvesional ini menggunakan metode ceramah, sehingga menurunkan motivasi peserta didik dan berdampak pada hasil belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, inovasi pembelajaran berbasis teknologi, seperti aplikasi Wordwall (platfom digital) yang menyediakan permainan edukatif dan interaktif sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan memudahkan pemahaman materi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan besaran pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darussalam. (2) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sumber penelitian yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil dari soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Tenknik analisis data menggunakan SPSS Statistic 2.6. Pengujian diawali dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis menggunakan uji deksripstif, uji normalitas (uji prasyarat), uji homogenitas (uji prasyarat), uji hipotesis, dan uji normalzed gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Darussalam. Didapatkan nilai signifikan sebesar 0,03 < 0,05. (2) bedasarkan hasil pengelolaan data analisis uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 58,13% dengan kategori cukup efektif. Sedangkan nilai uji N-Gain pada kelas control sebesar 34,97%. Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar sebesar 23,16% cukup efektif lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvesional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203248 PANDU ARSYAD FAADHILAH
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:51
Last Modified: 13 Jan 2025 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55569

Actions (login required)

View Item View Item