MIRZA HUMAM IMAMA, 17204163282 (2023) KEMAMPUAN SISWA PESERTA OLIMPIADE DALAM MEMECAHKAN MASALAH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI IPA SMAN 1 KADEMANGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (615kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Kemampuan Siswa Peserta Olimpiade dalam Memecahkan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS)Materi Program Linear di Kelas XI IPA SMAN 1 Kademangan” ini ditulis oleh Mirza Humam Imama, NIM. 17204163282, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Penyelesaian Masalah, Higher Order Thinking Skills,Program Linear, Siswa Peserta Olimpiade. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terutama peserta olimpiade karena olimpiade matematika dapat dijadikan solusi untuk mengembangkan bakat dari siswa dalam memecahkan masalah. Disamping itu pemerintah juga berupaya menerapkan kurikulum berbasis higher order thinking skills (HOTS). Pada pembelajaran berbasis HOTS siswa dituntut untuk berpikir kritis, kreatif dan sistematis. Hal ini membuat siswa merasa sulit untuk menyelesaikan masalah matematika sehingga siswa mengalami berbagai kesulitan dalam menyelesaikan masalah higher order thingking skills terutama pada materi program linear yang selama ini dianggap sebagai materi yang cukup sulit oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa peserta olimpiade dalam menyelesaikan masalah HOTS materi program linier. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studikasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pada indikator menganalisis siswa mampu menspesifikasikan aspek-aspek yang terkait pada soal untuk dapat mengkritisi. 2) Pada indikator mengevaluasi siswa mampu mengambil keputusan sendiri untukmemilih jenis pilihan yang lebih menguntungkan jika dipilih dan siswa mampu memecahkan masalah yang ada pada soal dengan cukup baik. 3) Sedangkan pada indikator mencipta hanya beberapa siswa yang mampu mengkreasikan idenya untuk mendesain suatu bentuk yang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163282 MIRZA HUMAM IMAMA |
Date Deposited: | 28 Jan 2025 05:26 |
Last Modified: | 28 Jan 2025 05:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55644 |
Actions (login required)
View Item |