ANALISIS PENERAPAN METODE AT-TARTIL DI TPQ NAWIYATUL IKHSAN SIDOARJO

ANNISA AFIS SUNANI, 126201203194 (2024) ANALISIS PENERAPAN METODE AT-TARTIL DI TPQ NAWIYATUL IKHSAN SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Metode At Tartil di TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo” ini ditulis oleh Annisa Afis Sunani, NIM 126201203194, pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan guru TPQ, Metode At Tartil Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang kaitannya dengan dengan ilmu agama karena sumber hukum agama yang paling dominan adalah Al Quran, anak harus diberikan pengetahuan tentang Al Quran yang cukup. Pertama yang harus dipersiapkan orang tua terhadap anak-anaknya yaitu membaca Al Quran dan memahami maknanya. Al Quran dijadikan sebagai sumber pertama karena ia memiliki nilai absolute yang diturunkan dari Tuhan, Allah SWT menciptakan manusia dan Dia pulalah yang mendidik manusia, yang mana isi pendidikan itu telah termaktub dalam wahyu Nya, tidak satupun persoalan termasuk persoalan pendidikan yang luput dari jangkauan Al Quran. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa kekuatan yang dimiliki oleh TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo dalam penerapan metode At Tartil? (2) apa kelemahan yang dimiliki oleh TPQ Nawiayatul Ikhsan Sidoarjo dalam penerapan metode At Tartil? (3) Apa kesempatan yang dimiliki TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo dalam penerapan metode At Tartil? (4) Apa ancaman yang dimiliki oleh TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo dalam penerapan metode At Tartil? Metode penelitian ini yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah penerapan guru TPQ, dan metode At Tartil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kekuatan yang dimiliki oleh TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo pembelajaran di dilakukan secara klasikal dan privat agar bisa mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran tersebut menggunakan metode At Tartil yang mana santri harus menguasai huruf, bacaan panjang pendek, terutama tajwid. Selain itu TPQ mempunyai sarana dan prasarana yang memadai (2) kelemahan yang dimiliki oleh TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo santri yang kurang disiplin saat pembelajaran berlangsung didalam kelas seperti halnya jail kepada temannya, dan ada santri yang sulit diatur. Selain itu ada guru yang kekurangan waktu pembelajaran, dikarenakan kemampuan santri yang berbeda-beda (3) kesempatan yang dimiliki TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo mayoritas keluarga santri sangat mendukung, lokasi TPQ tersebut berada di lingkungan religious kuat. Selain itu, di era modern banyak keluarga yang menyadari pentingnya pendidikan agama (4) tantangan yang dihadapi TPQ Nawiyatul Ikhsan Sidoarjo adalah penyesuaian santri saat menghadapi ujian sekolah formal dan jadwal mengaji tidak terlupakan. Perkembangan teknologi dan hiburan modern menyebabkan santri menjadi teralihkan. Selain itu, munculnya lembaga nonformal lainya menjadi tantangan untuk TPQ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203194 ANNISA AFIS SUNANI
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:33
Last Modified: 20 Jan 2025 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55675

Actions (login required)

View Item View Item