ERA FITRIA SUHARTIKA, 126403203181 (2024) PENGGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) UNIT PELAYANAN CABANG KALANGBRET KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
Text
BAN VI.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Kalangbret Kabupaten Tulungagung” sedang diteliti oleh Era Fitria Suhartika, NIM 126403203181 Program Studi Akuntansi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Ibu Ruly Priantilianingtiasari, SE., S.Pd., M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pelayanan transaksi manual yang tidak efisien dalam segi waktu, dan kecepatan. Dimana hal tersebut berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan dan kepuasan nasabah Pegadaian. Oleh karena itu Pegadaian meluncurkan Aplikasi Pegadaian Digital yang bertujuan untuk mempermudah proses pelayanan transaksi. Tetapi meskipun sudah ada Aplikasi Pegadaian Digital untuk membantu proses transaksi tetap ada masalah yang dihadapi dalam penggunaannya yaitu apakah aplikasi ini sudah efektif untuk dipergunakan dalam pelayanan segala transaksi di Pegadaian. Indikator untuk mengukur efektivitas dalam penelitian ini meliputi pemahaman atas program atau aplikasi, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan yang nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana pemahaman pengguna terhadap layanan di Aplikasi Pegadaian Digital 2) mengetahui penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital dalam meningkatkan efektivitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk data primer didapat melalui observasi dan wawancara secara langsung kepada informan staff dan nasabah PT. Pegadaian (Persero) UPC Kalangbret, teknis analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) nasabah Pegadaian sudah cukup mengetahui apa itu Aplikasi Pegadaian Digital dan bagaimana cara menggunakannya, hal tersebut dikarenakan pihak Pegadaian sudah melakukan sosialisasi mengenai Aplikasi Pegadaian Digital khusus untuk nasabah Pegadaian yang dilakukan beberapa kali, selain itu tujuan awal dari peluncuran aplikasi ini yaitu untuk menggaet nasabah milenial sudah tercapai dalam di Pegadaian UPC Kalangbret ini, banyak nasabah baru yang langsung melakukan transaksi lewat Aplikasi Pegadaian Digital ini, 2) hasil dari penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital dalam meningkatkan efektivitas pelayanan menunjukkan bahwa dengan adanya Aplikasi Pegadaian Digital ini banyak memberikan perubahan dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan transaksi dan kecepatan layanan segala transaksi di Pegadaian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Akuntansi Syariah Ekonomi > Gadai |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah |
Depositing User: | 126403203181 ERA FITRIA SUHARTIKA |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:42 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55690 |
Actions (login required)
View Item |