PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMAN 1 SRENGAT

FIRDA LAILIYA, 12212183007 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMAN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMAN 1 Srengat" ini ditulis oleh Firda Lailiya, NIM. 12212183007, pembimbing Ali Amirul Mu'minin, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya keterampilan berpikir kritis dan has hasil belajar siswa yang terbukti p pada hasil penilaian. harian kimia yang cukup rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat menuntut siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mengonstruksi daya nalar berpikir siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diprediksi dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa karena model ini menyajikan permasalahan nyata pada kehidupan sehari-hari, sehingga materi pembelajaran dapat dipahami secara mendalam dan siswa dapat menemukan konsep serta pemecahan dari permasalahan yang disajikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 1 Srengat. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi larutan. elektrolit dan non elektrolit di SMAN 1 Srengat. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi larutan elektrolit. dan non elektrolit di SMAN 1 Srengat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Srengat yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen). Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN I Srengat yang dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,0000,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas elas X MIPA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN I Srengat yang dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,0000,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 1 Srengat dengan nilai signifikansi Wilks Lambda sebesar 0,0000,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Kimia > Larutan Elektrolit
Kimia > Larutan Non Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183007 FIRDA LAILIYA
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:09
Last Modified: 21 Jan 2025 06:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55699

Actions (login required)

View Item View Item