PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENDAPATAN USAHA DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN KEDIRI

RADA YUHENDRA, 126403202117 (2024) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENDAPATAN USAHA DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Pendapatan Usaha dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Intervening pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tepung Tapioka di Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Rada Yuhendra, NIM. 126403202117, pembimbing Dr. Ali Mauludi, AC., M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Ini karena UMKM adalah penyumbang (Produk Domestik Bruto) PDB terbesar, paling banyak menyerap lapangan kerja, dan tahan terhadap krisis keuangan. Dalam perkembangannya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sering menghadapi tantangan baik dari dalam maupun dari luar. Tantangan internal meliputi keterbatasan modal, manajemen, inovasi yang terbatas, dan teknologi. Tantangan ekternal meliputi keterbatasan infrastruktur, akses pasar yang terbatas, distribusi, administrasi dan sulitnya mencapai potensi pasar. Peningkatan kualitas dan daya saing UMKM menjadi fokus utama dalam strategi pembangunan ekonomi. Dengan memberikan dukungan yang cukup, UMKM dapat berkembang secara berkelanjutan sehingga mampu bersaing secara global. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan. 2) Untuk menguji pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan. 3) Untuk menguji pengaruh biaya produksi terhadap pendapatan usaha. 4) Untuk menguji pengaruh biaya promosi terhadap pendapatan usaha. 5) Untuk menguji pengaruh volume penjualan terhadap pendapatan usaha. 6) Untuk menguji pengaruh tidak langsung biaya produksi terhadap pendapatan usaha. 7) Untuk menguji pengaruh tidak langsung biaya promosi terhadap pendapatan usaha. Metode yang digunakan dalam pnelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tepung tapioka di Kabupaten Kediri dan diperoleh 20 sampel tak jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara angket tertutup. Pengolahan data menggunakan SPSS 27.0. Alat statistik yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Biaya Produksi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap volume penjualan pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. 2) Biaya Promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap volume penjualan pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. 3) Biaya Produksi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pendapatan usaha pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. 4) Biaya promosi berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan usaha pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. 5) Volume penjualan berpengauh positif tidak signifikan terhadap pendapatan usaha pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. 6) Volume penjualan tidak mampu memediasi pengaruh biaya produksi terhadap pendapatan usaha pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. 7) Volume penjualan mampu memediasi pengaruh biaya promosi terhadap pendapatan usaha pada UMKM tepung tapioka di Kabupaten Kediri. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Pendapatan Usaha, Volume Penjualan, UMKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202117 RADA YUHENDRA
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:45
Last Modified: 30 Jan 2025 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55763

Actions (login required)

View Item View Item