EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK PERGURUAN MUALLIMAT CUKIR JOMBANG

WANDA AGUSTIN NINGSIH, 126306202084 (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK PERGURUAN MUALLIMAT CUKIR JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XII SMP Perguruan Muallimat Cukir Jombang” yang ditulis oleh Wanda Agustin Ningsih, dengan NIM 126306202084. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, dengan Dosen Pembimbing Dzinnun Hadi, S.Sos, I, M.Pd. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat disiplin belajar dan keefektifan konseling kelompok teknik self-management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XII SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menetapkan karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang yang memiliki kategori disiplin belajar rendah sebanyak 16 siswa berdasarkan hasil pre-test. Subjek dalam penelitian ini juga berjumlah 16 siswa yang kemudian dibagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 8 siswa dan kelompok kontrol 8 siswa. Adapun tingkat disiplin belajar pada siswa kelas XII SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang adalah 18% siswa yang terindikasi disiplin belajar sangat rendah, 30% siswa terindikasi disiolin belajar rendah, 34% siswa terindikasi disiplin belajar sedang, 12% siswa terindikasi disiplin belajar tinggi dan 6% siswa terindikasi disiplin belajar sangat tinggi. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, adapun hasil yang diperoleh yaitu nilai t hitung sebesar 5,869 dengan df 14 diketahui nilai t tabel sebesar 2,145, serta nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Adapun nilai mean kelompok eksperimen sebesar 118,88 sedangkan pada kelompok kontrol nilai mean sebesar 105,50 sehingga karena nilai mean kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kelompok eksperimen setelah mendapat perlakuan. Adapun hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score untuk kelompok eksperimen sebesar 69,612% > 56% termasuk dalam kategori cukup efektif, sementara untuk rata-rata uji N-Gain Score kelompok kontrol adalah 41,69% < 50% termasuk dalam kategori kurang efektif. Sehingga dikatakan bahwa konseling kelompok teknik self-management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XII SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self-management, Disiplin Belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306202084 WANDA AGUSTIN NINGSIH
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:39
Last Modified: 12 Feb 2025 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55788

Actions (login required)

View Item View Item