EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU

CINDY EVA SELLY PUNDHARIKA, 12210183069 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X MA At- Thohiriyah Ngantru” ini ditulis oleh Cindy Eva Selly Pundharika, NIM 12210183069, Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Efektifitas, Aplikasi Wattpad, Kemampuan Menulis, Puisi Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai siswa adalah keterampilan menulis. Guna meningkatkan kreativitas siswa, keterampilan menulis perlu untuk diterapkan agar siswa dapat menyampaikan ilmu pengetahuan dan informasi yang diketahui kepada khalayak ramai. Salah satu pembelajaran menulis yang harus dipahami oleh siswa di sekolah adalah menulis teks puisi. Pembelajaran menulis teks puisi dapat diterapkan melalui berbagai metode maupun media. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu melalui aplikasi membaca daring yakni Wattpad. Wattpad adalah salah satu situs daring yang diperuntukkan bagi pengguna yang gemar membaca dan menulis, baik itu menulis cerita pendek, cerita bersambung atau pun puisi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi Wattpad terhadap kemampuan menulis teks puisi, mendeskripsikan pengaruh aplikasi Wattpad terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran aplikasi Wattpad. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test-post test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA At-Thohiriyah Ngantru yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak satu kelas saja yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji statistik deskripstif. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis teks puisi siswa setelah diterapkannya aplikasi Wattpad sebagai media pembelajaran teks puisi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, melalui analisa uji t terhadap teks puisi siswa, nilai t-hitung sebesar 55,7 pada posttest dengan signifikansi sebesar 0,0000. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,0000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkannya aplikasi Wattpad, yang mana hal tersebut menandakan bahwa aplikasi Wattpad efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran teks puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183069 CINDY EVA SELLY PUNDHARIKA
Date Deposited: 05 Feb 2025 00:31
Last Modified: 05 Feb 2025 00:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55826

Actions (login required)

View Item View Item