ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK JASA SERVICE AC PADA CV PERMATA AC MENGGUNAKAN METODE SWOT

NISA’ TSANIYA KARAMAN, 126405202193 (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK JASA SERVICE AC PADA CV PERMATA AC MENGGUNAKAN METODE SWOT. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran untuk Jasa Service AC Pada CV Permata AC” ini ditulis oleh Nisa’ Tsaniya Karaman, NIM.126405202193, Pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Konteks dalam penelitian ini didasari oleh perkembangan bisnis yang semakin pesat dan modern ini disebabkan oleh adanya gelombang globalisasi terutama pada bidang jasa. Strategi pemasaran dilakukan agar bisnis atau usaha dapat berlangsung dalam jangka panjang maupun pendek. Persaingan yang semakin ketat akan memacu para pelaku usaha atau bisnis yang masih di usia muda menjadi lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, dengan tujuan memberikan kepuasan kepada pelanggan dan mampu bersaing dengan kompetitor. SWOT. Metode SWOT dapat berfungsi sebagai landasan dasar dalam merumuskan suatu strategi pemasaran dalam proses dari tahap perencanaan sampai tahap evaluasi melalui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi Metode SWOT pada CV Permata AC dan 2) Bagaimana Analisis Metode SWOT pada CV Permata AC. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian narrative deskriptifkualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini bersumber dari Pemimpin, Karyawan dan konsumen CV Permata AC. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan dengan menganalisis metode SWOT yang terdiri dari Strenghts, Weakness, Opportunities dan Threaths lalu di ujikan dalam matrik IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (Ekternal Factors Analysis Summary) lalu dijabarkan dengan uraian singkat melalui bagan dan juga hubungan antar kategori serta dengan teks yang bersifat naratif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Metode SWOT pada strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh CV Permata AC adalah dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, WhatsApps dan juga Facebook selain itu CV Permata AC juga memanfaatkan strategi mulut ke mulut atau world of mouth (WOM) dengan memanfaatkan teknik lobbying dan juga koneksi yang dimiliki pemilik. 2) Berdasarkan hasil dari analisis metode SWOT pada CV Permata AC yang sudah dikaji oleh penulis, faktor SO (strength atau kekuatan dan weaknesses atau kelemahan) lebih unggul dan berada pada posisi kuadran pertama sehingga Pemilihan yang tepat pada strategi yang baik digunakan yaitu dengan memperkuat branding dan juga memperluas pangsa pasar dengan membuka cabang yang baru. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Bidang Jasa

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202193 NISA' TSANIYA KARAMAN
Date Deposited: 05 Feb 2025 00:35
Last Modified: 05 Feb 2025 00:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55847

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item