STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HOME INDUSTRY KERIPIK TEMPE 89: IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT

MIFTAKHUL FIRDA NUR AINI, 126405212110 (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HOME INDUSTRY KERIPIK TEMPE 89: IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing pada Home Industry Keripik Tempe 89: Implementasi Analisis SWOT” ditulis oleh Miftakhul Firda Nur Aini, NIM 126405212110, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Badara Shofi Dana, S.E., M.Si. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKM, Bauran Pemasaran, SWOT Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor makanan ringan yang terus berkembang pesat. Persaingan antar pelaku UMKM semakin ketat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif agar usaha dapat bertahan dan berkembang. Home Industry Keripik Tempe 89 di Tulungagung merupakan salah satu contoh UMKM yang mampu bertahan dan tumbuh melalui penerapan strategi pemasaran yang sederhana namun konsisten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan daya saing pada Home Industry Keripik Tempe 89 Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan dalam peningkatan penjualan di Home Industry Keripik Tempe 89 Kabupaten Tulungagung (3) Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran melalui analisis faktor internal dan eksternal untuk meningkatkan daya saing pada Home Industry Keripik Tempe 89 Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yakni Home Industry Keripik Tempe 89 dalam melakukan kegiatan usahanya menggunakan strategi bauran pemasaran 4P dengan alat pendekatan analisis SWOT, dalam diagram SWOT posisi Home Industry Keripik Tempe 89 berada dikuadran 1, dimana dalam kondisi tersebut perusahaan memilih untuk mengembangkan strategi SO, ada 5 Strategi SO yang dapat dilakukan Home Industry Keripik Tempe 89 yaitu mengoptimalkan bahan baku berkualitas yang mudah ditemukan untuk menjaga kualitas produk secara konsisten dan memperluas produksi guna memenuhi permintaan pasar yang lebih luas melalui e-commerce; menonjolkan kualitas produk dan kemasan standar dalam promosi online sebagai oleh-oleh khas daerah yang sehat dan bebas pengawet, untuk menarik minat konsumen nasional; memanfaatkan izin usaha yang dimiliki untuk menjalin kerja sama lebih luas dengan platform e-commerce dan distributor baru, guna memperluas jangkauan pasar; menawarkan produk dengan harga yang sesuai kualitas dengan mengdepankan produsen berpengalaman sebagai nilai jual utama, terutama di pasar digital dan oleh-oleh, sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas; memperkuat jaringan distribusi dengan menjaga hubungan baik dengan distributor tetap dan menambah mitra distribusi baru yang tertarik pada camilan sehat dan lokal khas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405212110 MIFTAKHUL FIRDA NUR AINI
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:20
Last Modified: 29 Jul 2025 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55944

Actions (login required)

View Item View Item