MOHAMAD ABUD ABDILLAH, 12210173073 (2024) GAYA BAHASA DALAM NASKAH DRAMA BULAN BUJUR SANGKAR KARYA IWAN SIMATUPANG SERTA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR SASTRA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
Abstract
Mohamad Abud Abdillah, 2024. Analisis Gaya Bahasa dalam Naskah Drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang serta sebagai alternatif materi ajar sastra, Skripsi: Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Kata Kunci: Gaya Bahasa, Naskah Drama. Latar belakang dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan gaya bahasa dalam naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang serta relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan gaya bahasa yang terkandung dalam naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang serta sebagai alternatif materi ajar sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu data-data yang sudah dikumpulkan dari hasil doumentasi lalu di analisis dan diambil simpulan akhir. Sedangkan objek penelitian ini adalah naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang dan difokuskan pada penggunaan gaya bahasa. Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat 17 kalimat yang dikategorikan menjadi lima kategori gaya bahasa 1) gaya bahasa klimaks (5 data), 2) gaya bahasa antiklimaks (3 data), 3) gaya bahasa pararelisme (3 data), 4) gaya bahasa antithesis (3 data), 5) gaya bahasa repetisi (3 data). Hasil penelitian ini dapat di gunakan sebagai pembelajaran di SMA sesuai dengan kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum merdeka dengan SK 13; Memahami Pembacaan Teks Drama, KD 13.1; menentukan unsur-unsur intinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan, KD 13.2; Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Naskah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173073 MOHAMAD ABUD ABDILLAH |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:43 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |