PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 (Studi Multikasus di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan MIN 5 Nganjuk)

MIRZA IMMAMA PUTRI ZUANI, 1880505220005 (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 (Studi Multikasus di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan MIN 5 Nganjuk). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mirza Immama Putri Zuani, 2024, Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas pada Siswa Kelas 3 ( Studi Multikasus di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan MIN 5 Nganjuk), Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali RahmatullahTulungagung, Pembimbing 1). Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I 2) Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Penerapan, Model Project Based Learning, Kreativitas Model pembelajaran dan proses pembelajaran bekerja Bersama-sama dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif dan berarti bagi siswa. Guru dan siswa harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, konteks, dan karakteristik siswa untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan Project Based Learning (Pjbl) adalah pendekatan yang ideal untuk mengajarkan siswa mengenai daur ulang sampah, Model Project based learning dapat menjadikan siswa aktif terlibat dalam proyek-proyek kreatif, yang mendorong mereka untuk mencari solusi inovatif dalam mata pelajaran IPA, dan sekaligus meningkatkan kreativitas siswa dalam menjawab tantangan permasalahan lingkungan. Model tersebut tentunya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk meciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Peneliti melakukan penelitian di sekolah yang sudah benar-benar menerapkan model tersebut yaitu di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan MIN 5 Nganjuk. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana prencanaan, mekanisme pelaksanaan, dan evaluasi model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir dalam mata Pelajaran IPA pada siswa kelas 3 di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan MIN 5 Nganjuk?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan; 1) Perencanaan model project based learning, 2) mekanisme pelaksanaan model project based learning, 3) Evaluasi model project based learning untuk meningkatkan kreativitas dalam mata Pelajaran IPA pada siswa kelas 3 di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan MIN 5 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multikasus. Teknik pengumulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kredibilitas, transferabiliti, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Perencanaan model project based learning yaitu merancang tujuan, topik, pembentukkan kelompok, waktu dan sumberdaya, serta penilaian. 2) mekanisme pelaksanaan model project based learning yaitu memberikan pertanyaan yang esensial, selanjutnya guru memberikan kesempatan siswa untuk merancang proyek, dan merancang waktu untuk pembuatan proyek, pengerjaan proyek, guru menjadi fasilitator, mempresentasikan hasil pengerjaan proyek, terakhir guru memberikan penilaian dan evaluasi. 3) evaluasi model project based learning untuk meningkatkan kreativitas dalam mata pelajaran IPA pada kelas 3 yaitu sekolah dapat meningkatkan pendekatan pembelajaran yang inklusif dan diferensiasi, memberikan bimbingan yang lebih intensif, serta menyediakan sumber daya tambahan seperti pelatihan atau tutor dapat merencanakan jadwal yang lebih fleksibel, memprioritaskan materi yang paling penting, dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas waktu pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220005 MIRZA IMMAMA PUTRI ZUANI
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:24
Last Modified: 25 Feb 2025 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56021

Actions (login required)

View Item View Item