ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PASAR RAKYAT KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

SITI ITSNA SYAMSIYAH, 126402212153 (2024) ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PASAR RAKYAT KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Persaingan Usaha dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Pasar Rakyat Karangrejo Kabupaten Tulungagung Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam” ini ditulis oleh Siti Itsna Syamsiyah, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Dosen Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha atau bisnis kini memainkan peran penting dalam ekonomi dan kehidupan manusia, dengan tujuan utama memperoleh keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan. Terutama pasar tradisional yang menjadi salah satu tempat terjadinya proses berniaga, seperti Pasar Rakyat Karangrejo di Kabupaten Tulungagung sangat penting bagi perekonomian lokal. Persaingan ketat di pasar ini mendorong pedagang untuk menawarkan produk berkualitas dan harga kompetitif, namun sering kali menimbulkan penyimpangan dari etika bisnis Islam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi persaingan usaha para pedagang Pasar Rakyat Karangrejo Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pendapatan?, 2) Bagaimana penerapan etika bisnis islam pada strategi persaingan usaha para pedagang Pasar Rakyat Karangrejo Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pendapatan?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian berada di Pasar Rakyat Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari para pedagang Pasar Rakyat Karangrejo. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan kondensasi data dan penyajian data sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Para pedagang Pasar Rakyat Karangrejo menggunakan berbagai strategi untuk menarik dan mempertahankan pelanggan guna meningkatkan pendapatan, seperti mengunggulkan produk, harga, tempat, pelayanan, dan pelayanan pasca berbisnis. 2) Para pedagang di Pasar Rakyat Karangrejo telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip tauhid, prinsip kesetimbangan, prinsip kehendak bebas, dan prinsip pertanggungjawaban dalam bentuk strategi persaingan usaha yang mereka jalankan. Kata Kunci : Persaingan Usaha, Pendapatan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402212153 SITI ITSNA SYAMSIYAH
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:12
Last Modified: 27 Feb 2025 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56073

Actions (login required)

View Item View Item