PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTRAKTIF VIDEO BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI

M ARDHA RAMADHAN MAULANA, 126204203160 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTRAKTIF VIDEO BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Maulana, Ardha Ramadhan. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Intraktif Video Berbasis Aplikasi Canva Materi Barisan dan Deret Kelas X MA Sunan Kalijogo. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Intraktif Video Berbasis Aplikasi Canva, Barisan dan Deret, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna memudahkan siswa dalam memahami materi, khususnya pada materi Barisan dan Deret. Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pembelajaran Intraktif Video Berbasis Aplikasi Canva Materi Barisan dan Deret. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas pengembangan media interaktif berbasis canva untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi baris dan deret kelas X MA Sunan Kalijogo.,(2) Bagaimana efektivitas pengembangan media interaktif berbasis canva untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi baris dan deret kelas X MA Sunan Kalijogo. , (3) Bagaimana kepraktisan pengembangan media interaktif berbasis canva untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi baris dan deret kelas X MA Sunan Kalijogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X MA Sunan kalijogo. Teknik pengumpulan data meliputi data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) kevalidan media pembelajaran dari ahli media dan ahli materi diperoleh dari penilaian angket ahli media yang memperoleh persentase sebesar 88,8% dan ahli materi yang memperoleh persentase sebesar 88,8%. Berdasarkan kedua hasil tersebut, media pembelajaran sesuai dengan kriteria kevalidan.(2) Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari hasil penilaian angket respon guru yang memperoleh persentase sebesar 87,5% dan penilaian angket respon siswa sebesar 82,75%. Berdasarkan kedua hasil tersebut, media pembelajaran maka sesuai dengan kriteria kepraktisan. . (3) Keefektifan media pembelajaran a) hasil uji normalitas normalitas nilai Sig 0,200 lebih besar dari 0,05 Artinya pada hasil pembelajaran kelas kontol dan eksperimen berdistribusi Normal. b) uji homogenitas nilai Sig0,001 lebih besar dari 0,05 Artinya pada hasil pembelajaran kelas kontol dan eksperimen ada materi Barisan dan Deret berdistribusi Homogen. c) uji hipotesis nilai Sig 0,000 lebih besar dari 0,05”. Berdasarkan ketiga hasil tersebut, maka media pembelajaran intraktif video berbasis aplikasi canva materi barisan dan deret dinyatakan Efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203160 M ARDHA RAMADHAN MAULANA
Date Deposited: 28 Feb 2025 01:43
Last Modified: 28 Feb 2025 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56100

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item