MUHAMMADDAHLAN GORLAEH, 12201183502 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA MA’HAD TARBIATULWATANIAH MUANG YALA THAILAND. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (807kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (958kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kedisiplinan beribadah merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter siswa, tidak hanya mencakup kegiatan ibadah wajib saja seperti shalat, tetapi juga ibadah sunah dan aktivitas keagamaan lainnya yang menunjang pengembangan spiritual siswa baik di sekolah maupun di rumah. Mengingat pentingnya melatih serta meningkatkan kedisiplinan ibadah, maka guru perlu adanya strategi yang responsif dari semua guru, untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah strategi pembiasaan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand? (2) Bagaimana langkah strategi teladan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand? (3) Bagaimana langkah strategi penyadaran guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang JYala Thailand? (4) Bagaimana langkah strategi pengawasan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah strategi pembiasaan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand? (2) Untuk mendeskripsikan langkah strategi teladan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand? (3) Untuk mendeskripsikan langkah strategi penyadaran guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand? (4) Untuk mendeskripsikan langkah strategi pengawasan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah strategi pembiasaan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand yaitu dengan mengadakan kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan di Ma’had Tarbiatulwataniah ini terbagi menjadi dua, yaitu kegiatan keagamaan rutin dan situasional. Kegiatan keagamaan rutin ini yaitu Shalat Dhuha dan Shalat Dzuhur berjamaah, Tadarus atau murojaah al-Quran, infaq dan kebersihan. Sedangkan kegiatan keagamaan situasional yaitu peringatan hari-hari besar Islam. (2) Langkah strategi contoh teladan guru PAI dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand yaitu dengan Guru PAI berpartisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan di sekolah dengan disiplin dan konsisten serta menerapkan konsep 5S (Salam Senyum Sapa Sopan Santun) bagi seluruh murid dan tenaga kerjanya. (3) Langkah Strategi Penyadaran Guru PAI dalam Membentuk Kedisiplinan Beribadah Siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand yaitu guru PAI di Ma’had Tarbiatulwataniah memberikan edukasi atau pun nasehat yang mendalam tentang pentingnya ibadah dalam Islam. (4) Langkah Strategi Pengawasan Guru PAI dalam Membentuk Kedisiplinan Beribadah Siswa Ma’had Tarbiatulwataniah Muang Yala Thailand yaitu menerapkan dan menegakkan aturan yang jelas terutama dengan kedisiplinan beribadah di lingkungan sekolah, misalnya waktu shalat, adab beribadah, dan sebagainya. Guru PAI dan wali kelas telah melakukan kerjasama dengan orang tua siswa terkait perkembangan kedisiplinan ibadahnya di rumah sebagai langkah strategi pengawasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183502 MUHAMMAD DAHLAN GORLAEH |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:51 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |